oleh

Unicef Fasilitasi Workshop Pencegahan dan Pengendalian Malaria se-Distrik Miru

TIMIKA – Distrik Mimika Baru (Miru), Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan Unicef menggelar kegiatan workshop pencegahan dan pengendalian malaria. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (17/6) kemarin di Hotel Grand Tembaga tersebut juga sekaligus untuk pembentukan Pokja malaria Distrik Mimika Baru.

Menurut Kadistrik Mimika Baru, Ananias Faot kegiatan difasilitasi oleh Unicef dengan tujuan utama adalah pembentukan Pokja pencegahan malaria. Harapannya, sesuai hasil kesepakatan Pokja bisa melaksanakan sejumlah kegiatan yang akan berjalan untuk mencegah malaria.

Apalagi ia menyebut, dari semua distrik yang ada di Kabupaten Mimika, Distrik Mimika Baru memiliki kasus malaria yang cukup tinggi. “Jadi kita berharap sekali dan optimis, kalau kita sama-sama bergandengan tangan menangani kasus malaria ini bisa teratasi. Setidaknya menurun lebih dari 50 persen kasus,” ujarnya.

Ananias juga mengharapkan agar malaria menjadi perhatian juga bagi DPRD Kabupaten Mimika. Termasuk dalam hal ini pimpinan pemerintah daerah yakni Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob.

“Ini kan baru pertengahan tahun, dengan sisa tahun yang berjalan kita akan coba bekerja keras untuk melakukan eliminasi malaria,” katanya.

Penanggung Jawab Permasalahan Malaria Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Samson Manau menambahkan, hampir semua Puskesmas yang ada di daerah perkotaan memiliki kader yang bertugas dalam eliminasi malaria. Hanya saja kader malaria tersebut berbeda-beda.

“Kemarin harusnya sempat ditambah kadernya di awal tahun. Tapi karena ada Covid-19 jadi tertunda. Mungkin kedepan,” katanya.

Ia mengakui karena Covid-19 pula, kerja kader malaria tidak maksimal. Meskipun demikian ia menjelaskan kader masih dapat bekerja, tapi dengan pengetahuan Puskesmas dan pengurus wilayah setempat seperti RT. Hal itu agar kader malaria dapat diberikan APD untuk bekerja.

“Memang tidak maksimal tahun ini. Tapi tahun lalu kerjanya sangat baik,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *