oleh

26.111 KK di Mimika Terima BLT Dana Desa

TIMIKA – Total penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa di 133 kampung mencapai 26.111 kepala keluarga. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Mimika, Michael Gomar ketika ditemui di Hotel Grand Mozza, Kamis (18/6) kemarin.

Seperti tahun sebelumnya pencairan dana desa dilakukan dalam tiga tahap. Pada tahap pertama sebesar 40 persen. Tapi karena tahun ini ada pandemi Covid maka penggunaan dana desa dialihkan untuk penanganan Covid-19 di tingkat kampung.

Dana desa tahap pertama sebesar 40 persen dikatakan Gomar, juga tidak dicairkan sekalius tapi dibagi lagi dalam tiga tahap. Tahap pertama 15 persen, kedua 15 persen dan ketiga 10 persen. Tahap pertama 15 persen untuk BLT, penanganan Covid-19 di kampung dan padat karya tunai desa.

Yang mulai dilakukan oleh kampung adalah membagikan BLT kepada keluarga penerima manfaat. Di Mimika total keluarga penerima manfaat yang menerima BLT di 133 kampung mencapai 26.111 kepala keluarga.

Pembayacaran terhitung mulai Bulan Mei hingga Oktober mendatang. Yang dibayar saat ini adalah untuk dua bulan yakni Mei dan Juni sebesar Rp 600 ribu per bulan. Pencairan berikutnya untuk Juli dan Agustus, selanjutnya September dan Oktober.

Tapi besaran BLT yang akan diterima untuk tiga bulan terakhir jumlahnya berkurang menjadi Rp 300 ribu per bulan untuk setiap KK. “Jadi tiga bulan pertama Mei, Juni dan Juli itu Rp 600 ribu per KK. Kemudian Agustus, September dan Oktober itu Rp 300 ribu per kepala keluarga,” terang Gomar.

Gomar menambahkan, kemungkinan besar akan ada penambahan dana desa dari pemerintah pusat untuk Papua. Tapi Pemda masih menunggu adanya kepastian dan kemungkinan kata Gomar, diprioritaskan untuk BLT dana desa.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *