oleh

Wisata Mangrove Tetap Ramai Dikunjungi Selama Pandemi

TIMIKA – Selama pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat dibatasi terutama di tempat keramaian untuk menghindari penularan. Tapi beberapa tempat termasuk tempat wisata masih tetap jadi incaran masyarakat salah satunya Wisata Mangrove yang ada di kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika, Daniel Orun yang ditemui di Hotel Grand Mozza, Kamis (18/6) lalu mengakui pihaknya agak kesulitan dalam membendung warga agar tidak masuk di kawasan wisata.

Kata Daniel, meskipun tidak ada wabah Covid-19, tempat wisata belum dibuka untuk umum. Tapi karena antusiasnya, masyarakat rela memanjat untuk bisa menjajal tracking yang sudah dibangun dan mengabadikan aktivitasnya di sana. “Pintu tetap kita kunci, tidak boleh ada yang masuk. Tapi masyarakat panjat,” katanya.

Belum adanya petugas jaga diakui Daniel membuat masyarakat bebas masuk. Pengelolaan wisata mangrove sebenarnya sudah dibicarakan pada awal tahun oleh Pemda Mimika tapi berhubung muncul wabah Covid-19 sehingga tertunda hingga saat ini.

Meski masyarakat memadati kawasan wisata, dikatakan Daniel tidak ada kerusakan hanya saja sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung sehingga membuat kawasan wisata jadi kotor.

Tahun ini Pemda Mimika melalui Dispabudpora akan melanjutkan pembangunan yakni penimbunan dan pemasangan gapura. Untuk penambahan jalur tracking tidak ada tahun ini dan berharap adanya dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun depan. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar