oleh

321 KK Di Kampung Timuka Terima Sembako Dari DD 2020

TIMIKA – Sebanyak 321 Kepala Keluarga (KK) dari Kampung Timika Pantai (Timuka) menerima bantuan Sembako yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020. Kampung Timuka di Distrik Mimika Tengah menerima anggaran Rp 100 juta dari DD yang dibelanjakan Sembako dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari di masa pandemi Covid-19.

Wakil Ketua II DPRD Mimika, Yohanis Felix Helyanan bersama Anggota Komisi A, Thobias Maturbongs lansung menyaksikan sekaligus menyerahkan secara simbolis sembako kepada 4 ketua RT setempat, Sabtu (20/7) di Balai Kampung Timuka.

Jhon Tie mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Distrik Mimika Tengah yang sudah membantu warga dengan memberikan bantuan Sembako senilai Rp 100 juta dari Dana Desa.

“Kami hadir di sini hanya menyaksikan penyerahan bantuan Sembako, dan kebetulan kami hari ini melakukan kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker),” ujar Jhon Tie.

Dikatakan, dengan bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi warga dalam menghadapi pandemik Covid-19. Di hadapan masyarakat Timuka, Politisi senior PDIP ini mengungkapkan jika ia sangat mengapresiasi kinerja dari kepala distrik Mimika Tengah bersama para kepala kampung yang bisa mengakomodir seluruh bantuan ini secara merata untuk kepentingan masyarakat di pesisir

Sementara itu, adanya beberapa usulan dari Kadistrik dan warga terkait penguat signal untuk mempermudah akses internet, akan diteruskan nantinya kepada pemerintah atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Diketahui, Distrik Mimika Tengah sendiri memang harus ditambahkan Base Transceiver Station (BTS) untuk penguat sinyal jaringan internet agar mempermudah pencetakan KTP, KK maupun akte kelahiran.

“Masukan dari kepala distrik akan jadi atensi. Usulan ini coba nanti kami sampaikan ke pemerintah untuk bisa diusulkan,”kata Jhon Thie.

Sementara itu, Kepala Distrik Mimika Tengah, Moses Yarangga menyampaikan terima kasih atas kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Mimika untuk melihat dan menyaksikan penyerahan secara simbolis bantuan Sembako akibat dampak dari Covid-19 di Kampung Timuka.

“Kami sangat apresiasi kehadiran DPRD di Kampung Timuka, karena bisa menyaksikan penyerahan bantuan Sembako kepada 321 KK dari Dana Desa,” jelas Yarangga.

Menurutnya, bantuan Sembako ini adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga, dimana setiap kampung dialokasikan anggaran sebesar Rp 100 juta. Di distrik Mimika Tengah sendiri ada 5 kampung, dan semua dapat masing masing kampung Rp 100 juta.

Menurutnya, bantuan Sembako setiap kampung Rp 100 juta ini untuk menjawab kebutuhan warga selama adanya pembatasan aktivitas akibat dampak Covid-19.

Selain bantuan Sembako senilai Rp 100 juta ini, pemerintah juga telah menyalurkan beberapa bantuan seperti PKH, BST dan jaminan pengaman sosial baik dari pemerintah pusat maupun kabupaten.

Di sisi lain, anggota dewan Thobias Maturbongs mengakui bahwa nama-nama Kota Timika adalah berasal dari Timuka sebagai kampung lama, dan Timuka ini adalah sejarah perjalalanan nama kota Timika.

“Nama Kota Timika itu adalah awal dari nama Timuka, yang sebenarnya nama dari Kampung Timuka atau Timika Pantai ini,” ujarnya.

Ditambahkanya, seiring dengan kemajuan zaman, Timuka kini menurutnya semakin dilupakan. Kampung ini dan masyarakatnya sebut Thobias harus diperhatikan dengan serius oleh pemerintah.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *