oleh

Masyarakat Diminta Bersiap Hadapi Hujan Bulan Juli

TIMIKA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika mengimbau masyarakat untuk mulai menjaga kebersihan utamanya saluran air. Hal itu dikarenakan, pada Bulan Juli diprediksikan hujan akan turun dengan intensitas yang semakin tinggi.

Petugas Prakiraan Cuaca BMKG Kabupaten Mimika, Aji Suprataji Kamis (25/6) kemarin menjelaskan, sebenarnya curah hujan sudah dimulai sejak Mei lalu. Sedangkan pada Juni atau bulan ini, intensitas hujan mulai meningkat meskipun belum memuncak.

Pada Bulan Juli nanti, jikapun curah hujan tidak tinggi, ia menyatakan, hujan bisa mengguyur hingga hampir seharian penuh. “Kalau bulan ini belum bisa dikatakan tinggi sekali. Dan bisa jadi bulan depan juga sama, hanya saja hujannya merata dan hampir 24 jam,” ungkapnya.

Namun sebagai informasi, ia menyampaikan, curah hujan secara normal ialah hujan yang turun dengan kapasitas 500/mile. Sedangkan di Kabupaten Mimika sendiri, hujan bisa turun dengan kapasitas 661/mile.

Arah hujan sendiri dijelaskan terbagi atas dua. Pagi hari, biasanya, hujan datang dari arah selatan. Sedangkan pada sore hingga malam hari, hujan datang dari arah utara.

“Nah untuk mengantisipasi itu, kita berharap masyarakat sudah siap. Caranya dengan membersihkan saluran air dan lingkungan. Sedangkan bagi para pekerja di sektor pembangunan dan pertanian harus bisa mengambil langkah antisipatif. Misalnya petani, bolehlah memperkirakan apa yang bisa mereka tanam di musim hujan,” tutupnya.(dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *