oleh

Pandemi Covid-19 Mulai Membaik

Dari 105 Spesimen yang Diperiksa, Tidak Ada Satupun Positif

“Sampai saat ini belum ada vaksin untuk memenangkan pertarungan ini, namun kita punya kekuatan terbesar adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan secara konsisten,” terang Reynold.

TIMIKA – Situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Mimika mulai membaik. Sejak temuan kasus pertama pada (25/3) lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 melakukan tanggap dan respon cepat terhadap penyebaran Covid-19 saat itu yang memiliki hubungan erat dengan kasus-kasus yang ditemukan di daerah Jakarta dan Lembang, Jawa Barat kemudian muncul klaster Surabaya dan Makassar.

Pada Rabu (24/6) kemarin sebagai hari ke-91 sejak temuan kasus pertama, dengan pendekatan deteksi, tracing dan treatment serta isolasi, kasus terus bertambah hingga mencapai 367 kasus. Jumlah ini masih sama dengan hari sebelumnya karena tidak ada tambahan kasus baru dari 105 spesimen yang diperiksa. Total sudah ada ada 3.192 spesimen yang sudah menjalani uji labortorium dengan real time PCR.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Reynold Ubra kepada wartawan kemarin mengatakan, terdapat kemajuan dalam pengobatan dan tatalaksana medis yang dibuktikan dengan bertambahnya tiga orang pasien yang dinyatakan sembuh dari RSUD Mimika. Sehingga jumlah pasien sembuh meningkat dari 269 orang menjadi 272 orang. Sementara angka kematian masih tetap 6.

Dengan bertambahnya tiga pasien sembuh maka dikatakan Reynold, ini menurunkan jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit. Dari sebelumnya 92 orang kini turun menjadi 89 orang. Masing-masing ditangani oleh tiga rumah sakit yakni 42 pasien di RSUD Mimika, 46 orang di RS Tembagapura dan RSMM tersisa satu orang.

Selain tidak ditemukannya kasus positif Covid-19, kemarin terdapat penambahan satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sehingga jumlah PDP yang diisolasi berjumlah 22 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak ada tambahan. Namun Orang Tanpa Gejala (OTG) bertambah 39 orang sehingga total OTG meningkat menjadi 1.068 orang.

Data ini dijelaskan Reynold, menunjukkan bahwa masyarakat Mimika telah mampu mengendalikan penyebaran Covid-19. Namun kewaspadaan dan disiplin masih harus dilakukan dengan selalu menggunakan masker jika keluar rumah, selalu mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir sebelum menyentuh daerah wajah. Juga dengan tetap menjaga jarak fisik saat bertemu dengan kerabat maupun berada di tengah-tengah kerumunan banyak orang.

“Saat ini novel Corona virus telah menjadi bagian dari hidup kita, namun bukan berarti kita kalah melainkan kita hampir memenangkan wabah ini. Satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan disaat kita berada di luar rumah. Sampai saat ini belum ada vaksin untuk memenangkan pertarungan ini, namun kita punya kekuatan terbesar adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan secara konsisten,” terang Reynold. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *