oleh

Sambut HUT Bhayangkara ke-74 Polres Mimika Kerja Sama Disdukcapil Terbitkan Surat Kependudukan

TIMIKA- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 tahun 2020, Polres Mimika bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, melaksanakan kegiatan penerbitan data kependudukan berupa penerbitan Kartu Keluarga (KK).

Kemudian perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran, Akte Kematian, dan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk keluarga Polres Mimika.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (27/6) lalu di kantor Polres Mimika di Jalan Agimuga, Mile Point (MP) 32 itu, dihadiri oleh Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK, Wakapolres Mimika, Kompol I Nyoman Punia, Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo, dan seluruh jajaran Polres Mimika. Dengan mengangkat tema “Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif”.

Kapolres Mimika dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Disdukcapil Kabupaten Mimika, yang telah turut serta dalam rangka menyambut HUT Bhayangakara ke-74 dengan membuka pelayanan public, dalam kepengurusan berkas-berkas bagi keluarga dan personel Polri. Yangmana hal ini sangat penting khususnya terkait keamanan di Kabupaten Mimika ke depannya.

“Untuk masalah KTP bisa sangat siknifikan, yang mana jika kita hendak melakukan pengurusan surat-surat. Hal ini bisa menghindari terjadinya konflik di Mimika. Banyak juga masyarakat yang tidak terdata secara benar, yang mana dalam jangka panjang kedepan dalam menuju Adaptasi Hidup Baru ini, tentunya akan banyak penggunaan sisten berbasis online dalam pelayanan masyarakat, baik dalam pemerintahan dan perekonomian yang mana  diperlukan E-KTP,”ucap Kapolres.

Dalam kesempatan itu juga, AKBP Era berharap bahwa ke depan, semua masyarakat di Kabupaten Mimika bisa memiliki E-KTP.

“Kami juga telah melakukan kegiatan bakti sosial yang mana diharapkan ke depan situasi keamanan di Mimika, tetap terus kondusif dan masyarakat bisa produktif,”ujarnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kadisdukcapil juga mengatakan, bahwa dengan adanya pelayanan penerbitan data kependudukan itu, bisa membantu personel Polri dalam pengurusan berkas-berkas.

“Kegiatan ini merupakan suatu program pemerintahan yaitu Jempol Administrasi, yang mana kami mencoba membuka pelayanan di Polres Mimika terlebih dahulu. Dan apakah kegiatan ini bisa berjalan lancar dan tertib, jika semua berjalan lancar maka akan turun di masyarakat dengan membuka loket-loket pelayanan di setiap distrik atau kelurahan,”kata Slamet Sutejo.

Untuk pelayanan penertiban data kependudukan sendiri dengan hasil antara lain, perekaman E-KTP sebanyak 15 lembar. Lalu pencetakan E-KTP sebanyak 75 lembar, surat keterangan pindah keluar daerah sebanyak 26 lembar, surat keterangan pindah dari luar daerah ke Mimika sebanyak 22 lembar.

Kemudian KIA sebanyak 133 lembar, KK sebanyak 99 lembar, Akta Kelahiran 139 lembar, dan Akta Kematian sebanyak 1 lembar. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *