oleh

Nicholaas Kuahaty Ditunjuk Jadi Pj Sekda

TIMIKA – Meski menuai pro dan kontra, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH tetap pada keputusannya, menangguhkan proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama untuk posisi Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika.

Tidak hanya menangguhkan proses seleksi, Bupati Omaleng bahkan sudah menunjuk Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Nicholaas Kuahaty sebagai sebagai Penjabat Sekda Mimika menggantikan Drs Marthen Paiding, MMT yang akan pensiun mulai 23 Juli mendatang.

Padahal dalam proses seleksi, Nicky Kuahaty sapaan akrab Nicholaas yang saat ini juga merangkap Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan dinyatakan tidak lolos pada tahapan seleksi berkas.

Ditemui usai memimpin pertemuan di Hotel Grand Mozza, Kamis (2/7) kemarin Bupati Omaleng mengungkapkan alasan penangguhan proses seleksi Sekda. Sama seperti yang sudah disampaikan Pj Sekda Marthen Paiding sebelumnya bahwa tidak ada keterwakilan perempuan. “Kedua, dari tim seleksi Ketua Pansel dan timnya tidak pernah koordinasi dengan Bupati. Tiba-tiba mau keluarkan nama yang lolos Sekda, sehingga ya lebih baik kita tangguhkan,” jelasnya.

Karena proses ditangguhkan maka untuk pengisian jabatan Sekda mulai 23 Juli mendatang, Bupati sudah menunjuk Nicholaas Kuahaty sebagai Pj Sekda. Bupati Omaleng bahkan menyebut sudah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri. “Tinggal saya lantik. Pj ini yang nanti akan urus seleksi berikut. Kita bentuk panitia lain lagi. Pak Nicky Sekdanya, siapa lagi,” tandasnya.

Pelantikan akan dilakukan pada 22 Juli mendatang atau sehari sebelum Marthen Paiding memasuki masa pensiun. Sehingga Nicky Kuahaty yang akan mengemban tugas sebagai Pj Sekda. Bahkan kedepan ditegaskan Bupati, tidak hanya sebagai Pj namun Nicky Kuahaty yang akan ditunjuk menjadi pejabat defenitif.

Mengenai status kepegawaian yang jadi polemik, Bupati enggan berkomentar banyak. Menurutnya itu sengaja dimunculkan oleh pihak tertentu untuk memainkan proses seleksi Sekda.

Sebagai buntut dari polemik seleksi Sekda, Bupati Omaleng tak menampik itu menjadi alasan pencopotan Paskalis Kirwelakubun dari jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Bupati sudah menunjuk Hermalia Imbiri sebagai Plh Kepala BKPSDM. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *