oleh

Pembangunan Jembatan Waker Telan Rp 20 Miliar

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang pada Tahun Anggaran 2020 ini membangun setidaknya tujuh jembatan, salah satunya Jembatan yang menghubungkan Jalan Hasanuddin/Irigasi dengan Kawasan Pemukiman SP 2, atau yang kerap disebut Jembatan Waker.

Pembangunan jembatan Waker tersebut menelan anggaran Rp 20.796.880.000 dan dikerjakan oleh PT Bangun Utama Nusantara. Nilai ini merupakan nilai kontrak sebagaimana yang tertuang dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemda Mimika.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR, Bonifasius Saleo yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/7) kemarin mengatakan, pekerjaan sudah mulai dijalankan. Bahkan material seperti tiang pancang sudah ada di lokasi pembangunan. Jembatan ini merupakan tambahan pada sisi kiri (dari arah Timika ke SP 2) mengikuti pelebaran jalan Hasanuddin yang sudah dilakukan.

Boni mengatakan baru Jembatan Waker yang mulai dikerjakan dari beberapa jembatan yang diprogramkan tahun ini. Adapun enam jembatan lain yang akan dibangun tahun ini adalah Jembatan TK Bhayangkara Sempan, Jembatan Mile 32, Jembatan TSM Jalur III, Jembatan Gantung Kampung Bela Distrik Alama dan Jembatan Jalan Mambruk Kwamki Narama.

Memang lanjut Boni, proyek yang sudah berkontrak dan sudah jalan sebagian besar adalah pekerjaan dengan nilai anggaran yang terbilang besar. Sementara pekerjaan dengan nilai Rp 2,5 miliar yang dilelang terbatas bagi pengusaha asli Papua, dan masih sementara dilelang.

Sebenarnya tahun ini Dinas PUPR juga akan melanjutkan pembangunan jembatan di Agimuga dan Jilegong tapi dipending lantaran adanya refokusing dan realokasi anggaran oleh Pemerintah Daerah. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *