oleh

Stok Sudah Ada, Harga Masker Medis di Apotek Masih Mahal

TIMIKA – Meski stoknya sudah ada, namun nyatanya harga masker medis di apotek yang di awal masa Covid-19 dikeluhkan masyarakat karena stok kosong dan juga harganya mahal, hingga kini masih juga tetap mahal, yakni Rp 5 ribu per lembar. Harga ini masih tetap sama sejak awal masa pandemi Covid-19 di Mimika Maret lalu.

Dari hasil penelusuran Radar Timika, Jumat (10/7) di beberapa apotek, para apoteker mengatakan penyebab masih mahalnya harga masker adalah karena harga pengambilan dari distributor juga masih mahal, serta jumlah pengambilannya juga di bagasi tidak seperti sebelumnya yang tergantung apotek. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan apotek sehingga tidak menjualnya per box tetapi hanya per lembar saja.

“Sebelum corona kan harganya itu hanya Rp 2 ribu per lembar dan itu juga bisa dijual per boks, tetapi diawal wabah ini kemudian dijual Rp 5 ribu dan itu juga masih bisa dijual per boks. Terus kemudian stok kosong dan kemudian ada lagi, tapi harganya masih sama dan tidak dijual per boks,” jelas Ayu, Apotek Resky.

Meski pun pemerintah membolehkan penggunaan masker kain dalam pencegahan penularan Covid-19, akan tetapi masih banyak masyarakat yang tetap memilih menggunakan masker medis yang hanya sekali pakai, dibandingkan masker kain yang kini lebih mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau dan bisa dicuci.

Harga yang sama juga masih terdapat di apotek Sahabat yakni Rp 5 ribu per lembar. Alasannya pun masih sama dengan yang diungkapkan Ayu, apoteker Apotek Resky dan juga hanya melayani pembelian per lembar saja.

“Hanya per lembar saja dan sejauh ini masih banyak yang beli masker medis yah,” kata apoteker yang tidak mau menyebutkan namanya itu.

Sementara untuk stok vitamin yang juga sempat kosong kini sudah ada dan harganya pun sudah kembali normal. Misalnya Imboost yang selama ini selalu dicari masyarakat karena mampu menjaga kekebalan tubuh dengan harga Rp 90 ribu.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *