oleh

Musim Hujan, Wabup: Jangan Buang Sampah Sembarangan

TIMIKA – Di awal musim penghujan yang diprediksi akan berlangsung sampai September nanti, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob saat ditemui di Gedung Tongkonan, Sabtu (11/7) mengimbau seluruh masyarakat Mimika untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Menurutnya di musim hujan sangat rentan terjadi penyakit seperti flu, batuk dan juga malaria yang hingga saat ini masih banyak menjangkiti warga di Kabupaten Mimika, karena setiap tahun kasus malaria selalu tinggi karena minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Apalagi saat ini stok obat malaria dilaporkan hanya akan bertahan sampai September. Tetapi saya pikir kita akan kembali melakukan pemesanan baru. Tetapi masyarakat harus tetap menjaga kesehatan dan lingkungan supaya malaria dan penyakit lainnya tidak menyerang,” katanya.

Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, menggunakan kelambu dan patuh minum obat akan menekan kasus malaria. Jangan membuang sampah di drainase karena akan mengakibatkan penyumbatan saluran air dan juga membakar sampah yang bisa menampung air. Keberhasilan upaya pengendalian kasus malaria ada ditangan masyatakat.

“Hujan akan terjadi lama. Saya harap masyarakat mengedepankan kebersihan lingkungan. Kalau sakit langsung periksakan diri pada Faskes terdekat dengan tetap menggunakan masker. Jangan takut periksakan diri, selama ini masyarakat berpikir begini nanti kalau saya ke rumah sakit atau puskesmas saya didiagnosa Covid-19. Jangan khawatir,” tutupnya. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *