oleh

New Normal Dievaluasi Minggu Ini

“Kira-kira mana yang hasil dari pada itu apakah new normal lanjut atau kembali lockdown,” sebut Bupati Omaleng.

TIMIKA – Penerapan new normal atau kebiasaan baru sudah berlangsung hampir dua pekan sejak diterapkan 3 Juli 2020 lalu. Kebijakan itu akan kembali dievaluasi oleh Pemerintah Daerah dalam pekan ini, tepatnya pada Kamis (16/7) mendatang.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH menyatakan dalam tiga hari kedepan situasi perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika akan dipantau untuk dijadikan dasar pengambilan kebijakan selanjutnya. Apakah new normal akan dilanjutkan ataukah pembatasan sosial kembali diberlakukan.

Ditemui di Gedung DPRD Mimika, Jumat (10/7) lalu, Bupati Omaleng mengakui masih ada penambahan kasus positif Covid-19 sejak diberlakukannya new normal. Tapi kata dia, angka kesembuhan juga bertambah.

Dari data yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 pada Sabtu (11/7) lalu terjadi penambahan 3 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara pasien sembuh ada 2 orang.

Bupati Omaleng berharap masyarakat harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Tiga kebiasaan yang wajib dilakukan adalah pakai masker, cuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir dan menjaga jarak.

Pemda Mimika bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lanjutnya, mengambil kebijakan new normal agar masyarakat bisa beraktivitas dan perekonomian kembali hidup. Tapi ditegaskannya, bukan berarti mengabaikan protokol kesehatan.

Kebijakan kata Bupati Omaleng, bisa saja berubah jika dalam beberapa hari kedepan kasus masih terus bertambah. Evaluasi akan digelar Kamis (16/7) mendatang. “Kira-kira mana yang hasil dari pada itu, apakah new normal lanjut atau kembali lockdown,” sebut Bupati Omaleng. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *