oleh

Disdik Bangun dan Rehab Rumah Guru 12 Sekolah

TIMIKA – Selain membangun ruang kelas baru, Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika juga menyediakan fasilitas penunjang yakni rumah guru terutama untuk sekolah yang berada di daerah pedalaman.

Tahun ini setidaknya ada 12 sekolah dimana Disdik akan melakukan pembangunan maupun rehabilitasi perumahan guru. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Mimika, Jeni Usmani ketika ditemui di Hotel Grand Mozza, Senin (13/7) lalu.

Jeni tidak menghafal persis berapa banyak rumah guru yang dibangun tahun ini. Namun dari data yang diperoleh Radar Timika dari website LPSE Pemda Mimika ada 13 kegiatan pembangunan maupun rehabilitasi rumah guru yang diumumkan secara terbuka. Bukan hanya bagi sekolah negeri tapi ada juga untuk sekolah yayasan.

Ada enam untuk pembangunan baru dilengkapi perabot. Diantaranya rumah guru di SD Negeri Aparuka, SMP Negeri Naena Muktipura, SMP Negeri 6 Mimika, SMP Negeri 3 Mimika, SD Inpres Jita dan SD Inpres Timika XIII.

Sedangkan untuk pekerjaan rehabilitasi untuk rumah dinas kepala sekolah, guru dan penjaga sekolah di SMP Negeri 9. SD YPPK St Paulus Mupuruka, SMP Negeri Uta Mimika Barat, SD YPPK Ipaya, SD Inpres Pomako dan SD Inpres Timika IV.

Jeni mengatakan untuk pembangunan rumah guru memang sebagian besar dilakukan di sekolah yang ada di pedalaman, karena memang sangat dibutuhkan. Sebab semua guru dipastikan harus berada di tempat tugas namun fasilitas utamanya rumah sebagai kebutuhan utama juga harus tersedia.

Jeni menjelaskan, meskipun disebutkan dalam nama program rehabilitasi namun anggaran itu juga bisa dipakai untuk pembangunan baru. Disesuaikan dengan perencanaan yang dibuat oleh konsultan.

“Kita mengusulkan lewat DAK dan itu ada perencanaan. Jadi pelaksanaannya itu fleksibel, misalnya dalam anggaran disebut rehap atap tapi kalau kondisinya masih bagus dia bisa pakai untuk yang lain,” jelasnya.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *