oleh

Ketua DPRD Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Iwaka

TIMIKA – Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Robby Kamaniel Omaleng turun langsung ke Kampung Iwaka di Distrik Iwaka, Rabu (15/7) untuk melihat kondisi masyarakat yang terkena bencana banjir pekan lalu. Sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat, Robby langsung menyerahkan sejumlah sembako seperti beras dan mie instant kepada Kepala Kampung Iwaka, Elesius Awiyuta untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

Di hadapan masyarakat, Robby mengatakan jika ia datang langsung mengunjungi masyarakat Iwaka pasca terjadinya musibah banjir, sebagai bentuk kepeduliannya atas musibah alam yang terjadi setiap tahun ini.

“Saya ke sini untuk melihat langsung kondisi masyarakat setelah banjir di Iwaka, saya harap bantuan yang diberikan ini dapat berguna untuk keperluan sehari-hari,” ujarnya.

Dikatakan, apa yang menjadi keluhan masyarakat Iwaka yang merasakan bencana banjir setiap tahun ini, menjadi perhatian pemerintah. Agar tidak terjadi banjir memang harus dibangun fasilitas talud. Namun, untuk melaksanakan proyek besar ini, usulan dari masyarakat yang diteruskan oleh pihak distrik harus dimasukkan lewat agenda Musrenbang tahun 2021.

Dengan skala prioritas, pemerintah tentu akan melaksanakan program kerja secara bertahap. Dan ia berharap masyarakat bisa bersabar dan selalu mendukung program pemerintah agar semua pembangunan yang dilaksanakan setiap tahun bisa tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya.

“Pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah secara bertahap, jadi saya harap masyarakat ikut mendukung program pemerintah,” jelas Robby.

Senada dengan hal itu, Kepala Distrik Iwaka, Wens Mitoro juga berharap semua masyarakat dapat mendukung setiap program pemerintah yang akan dikerjakan di setiap wilayah, termasuk di Iwaka. Masyarakat kata Wens, diharapkan tidak menghalangi program pembangunan yang akan dilakukan oleh pemerintah, karena semua yang dilakukan juga demi kepentingan masyarakat.

“Ketika ada program pemerintah, masyarakat jangan menghalangi, agar berjalan dengan baik. Jika program dialihkan, itu biasa karena adanya anggaran yang terbatas,” ujar Wens.

Untuk tahun 2020 ini sebut Wens, Iwaka memang kembali diterjang banjir. Banjir ini sebutnya sudah terjadi sejak ia memimpin distrik ini di tahun 2018.

Dengan adanya musibah banjir ini, masyarakat tetap bersyukur karena adanya perhatian penuh baik dari pemerintah, PKK Mimika, sampai Ketua DPRD.

Lanjutnya, agar bencana banjir ini tidak selalu terjadi setiap tahun, maka diperlukan pembangunan talud. Untuk hal ini, distrik akan membuat proposal ke DPRD dan selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat.

“Bangun talud itu solusi paling dekat yang harus dilakukan,” ujar Wens.

Adapun dampak banjir tahun 2020 ini yang paling dirasakan oleh kurang lebih 363 KK di 7 RT Kampung Iwaka. Sampai saat ini memang tidak ada korban jiwa. Pelayanan kesehatan pun sebutnya berjalan dengan baik karena petugas kesehatan tinggal di wilayah ini.
“Puji Tuhan, semua aktivitas berjalan dengan baik, tidak ada keluhan dari masyarakat soal layanan kesehatan, karena mereka (petugas kesehatan) tinggal di sini,” ungkap Wens.

Sementara itu, Kepala kampung Iwaka, Elesius Awiyuta mengapresiasi bantuan dari Ketua DPRD. Ia mengatakan jika baru pertama kalinya ketua DPRD periode kali ini datang dan langsung melihat kesusahan masyarakatnya. Elesius berharap aspirasi masyarakat untuk pembangunan talud di Iwaka bisa dilakukan agar masyarakat setiap tahun tidak merasakan banjir.

“Luar biasa anak ketua DPRD sekarang, ini baru pertama kali ada ketua DPRD yang datang langsung lihat kami masyarakat yang susah, saya harap aspirasi kami bisa didengar,” ujar Elesius.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *