oleh

Polisi Bekuk Tiga Pelaku Curas

Bersama Satu Penadah

TIMIKA – Tim Opsnal Satreskrim Polres Mimika, Selasa (14/7) dini hari, kembali mengamankan tiga terduga pelaku kasus Pencurian dengan Kekerasan (Curas) masing-masing berinisial GR alias Agap, RL alias Valdo, Ni alias Niko dan seorang penadah sepeda motor hasil curian berinisial K.

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP Hermanto, SH SIK yang ditemui Radar Timika, Selasa kemarin mengatakan, selain mengamankan empat pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa lima unit sepeda motor dan satu buah senjata tajam jenis parang yang digunakan untuk melakukan tindak pidana curas.

“Kita amankan ada empat orang, dan masih kita lakukan pengembangan untuk beberapa rekan mereka juga,” ujar AKP Hermanto.

Lebih lanjut kata Kasat Reskrim bahwa, empat pelaku tersebut diamankan berdasarkan hasil penyelidikan laporan polisi yang ada di Polres Mimika maupun di Polsek Mimika Baru.

Dimana untuk pelaku GR alias Agap yang diketahui merupakan spesialis pelaku kasus curas sepeda motor, diamankan di Jalan Yos Sudarso, Kompleks Masbait bersama satu unit sepeda motor yakni Yamaha Mio M3 warna kuning.

“Dia ini residivis dari kasus pembunuhan yang baru bebas dari Lapas Timika karena dapat asimilasi pada Bulan April lalu. Begitu keluar dari Lapas Timika, dia lakukan tindak pidana lagi dimana TKP dia banyak sekali. Dan yang baru dia sebut yakni di Jalan Baru (Jalan C Heatubun). Kemudian di SP 2, lalu di Jalan Yos Sudarso, depan Kantor SAR Timika. Dia ini sebelum beraksi konsumsi alkohol dulu dan bagitu mabuk barulah dia berulah dengan membawa parang,” jelas AKP Hermanto.

Untuk pelaku RL alias Valdo, kata Kasat Reskrim,  merupakan pelaku kasus curas spesialis jambret handphone.

“Pelaku RL ini spesialis ambil handphone, tapi dia ini masih satu komplotan dengan pelaku Agap. Kita amankan dia di Jalan Ahmad Yani dengan tiga sepeda motor,”ucapnnya.

Sementara untuk pelaku Ni alias Niko kata Kasat Reskrim, diamankan bersama pelaku RL alias Valdo di Jalan Ahmad Yani. “Perannya dia adalah penjual barang hasil curian dari pelaku Agap, tapi mereka masih saling kenal karena satu kelompok dengan pelaku Agap,” ungkap Kasat Reskrim.

Selanjutnya untuk pelaku K alias Kace diamankan di Jalan Yos Sudarso, tepatnya didepan kantor Bulog. Yang mana pelaku K alias Kace diamankan bersama satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja warna putih yang di beli dari pelaku Ni alias Niko dengan harga Rp 1, 5 juta.

“Dia penadah yang mana sepeda motor yang dia beli itu yang di jual pelaku Niko, dan sepeda motor  Kawasaki itu juga hasil curas dari pelaku Agap didepan kantor SAR,”urai mantan Kapolsek Tembagapura itu.

AKP Hermanto juga menambahkan bahwa dari pengakuan para pelaku bahwa hasil curiannya khusus sepeda motor mereka gunakan lagi untuk melakukan tindak pidana curas di TKP yang berbeda, sebelum mereka jual dan hasilnya mereka gunakan untuk membeli miras.

“Mereka curi, lalu sepeda motor hasil curian itu mereka pakai lagi untuk jambret. Nanti setelah itu mereka jual dengan harga yang murah, dan uang hasil penjualan itu mereka gunakan untuk foya-foya dan beli miras,”paparnya.

Kini empat pelaku tersebut sementara menjalani pemeriksaan oleh penyidik Satreskrim Polres Mimika, guna keperluan penyidikan serta pengembangan terhadap para pelaku lainnya. (tns)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *