oleh

Dump Truck Wajib Tutup Muatan Material

TIMIKA – Unit Lantas Polsek Kuala Kencana meminta sopir dump truck pengangkut material dari Kali Iwaka ke Kota Timika, agar menutup bak membawa material.

Pasalnya, akibat dari tidak dilalukan penutupan bak, banyak material yang tercecer di jalanan. Hal itu dapat membahayakan kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

“Kami sering temukan dump truck pengangkut material dari Kali Iwaka tidak menutup bak. Itu sebenarnya sangat membahayakan pengguna jalan yang lainnya,” kata Kapolsek Kuala Kencana Iptu Yakobis Sera Ayatonai melalui Kanit Lantas Polsek Kuala Kencana, Aiptu Bhaltasar Fase kepada Radar Timika, Kamis (16/7) lalu.

Pasalnya, dump truck semestinya menutup bak kendaraan saat membawa material galian C, dengan menggunakan terpal atau bahan penutup lainnya.

“Saya mengimbau imbauan kepada para supir dump truck pengangkut material galian C, batu dan pasir yang melintas,  agar wajib menutup bak kendaraan dengan menggunakan terpal atau alat penutup lainnya,” katanya.

Ia menyebutkan, banyak di antara truck-truck itu tidak menggunakan penutup bak. Bahkan volume muatannya melampaui batas maksimum. Akibatnya, pasir maupun batu bertebaran di jalan raya sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya.

Ia menuturkan, setiap kali menggelar razia pihaknya selalu meyampaikan kepada sopir yang memuat material  galian C, agar selalu menutup bak kendaraan tersebut ketika sedang membawa material.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegaskan agar muatan di dalam truk tersebut tidak melampaui volume atau kapasitas.

Ia menambahkan, imbauan tersebut sering disampaikan pihaknya kepada para sopir truk, namun masih saja ada yang tak mengindahkan penyampaian tersebut. Apabila masih ditemukan ada truk yang bermuatan material dan tidak menutup bak truk tersebut, maka pihaknya langsung mengambil tindakan tegas berupa penilangan.

“Kalau kita masih temukan ada truk yang bermuatan material, namun bak truk tersebut tidak ditutup menggunakan terpal atau penutup yang lainnya, maka kita akan bertindak tegas dan kendaraan tersebut langsung kita tilang, “tukasnya. (itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *