oleh

Warga Minta Dipulangkan, Bupati: Banti Belum Aman

TIMIKA – Permintaan warga Banti, Distrik Tembagapura agar dipulangkan ke kampungnya belum dipenuhi oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH. Alasannya, karena persoalan keamanan yang dinilai belum kondusif.

Bupati Omaleng yang ditemui usai melantik pejabat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati, Jumat (17/7) kemarin menyatakan belum pernah bertemu lagi dengan masyarakat yang dievakuasi dari Banti dalam beberapa waktu terakhir.

Namun mengenai permintaan dari masyarakat yang ingin kembali ke Banti, Bupati menyatakan sejak awal tidak ada paksaan dari pemerintah maupun dari TNI dan Polri untuk turun ke Timika. Apalagi sampai mengusir, ditegaskannya sama sekali tidak ada.

Menurutnya, evakuasi yang dilakukan oleh Pemda Mimika bersama TNI dan Polri karena berdasarkan keinginan dari masyarakat sendiri yang ingin turun ke Timika. “Keinginan masyarakat sendiri ingin turun ke Timika,” terangnya.

Jika ingin kembali Bupati menegaskan soal situasi keamanan. Apabila masyarakat dipulangkan maka siapa yang bisa memberikan jaminan keamanan. Atau jaminan tidak adanya aksi dari kelompok kriminal bersenjata yang bisa menganggu kenyamanan masyarakat sendiri. “Kami tidak akan izinkan naik karena belum aman,” tegasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *