oleh

Covid-19, LKS Tingkat Provinsi Dilakukan Secara Virtual

TIMIKA – Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang selalu rutin dilakukan setiap tahun antar siswa pada jenjang SMK, di tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana perlombaan dilakukan dengan menghadirkan langsung juri ditengah-tengah perlombaan. Namun karena situasi belum mendukung, maka untuk tahun ini pelaksanaannya dilakukan secara virtual atau jarak jauh menggunakan aplikasi zoom.

Dari 25 mata lomba yang diperlombakan pada LKS tingkat provinsi tahun ini, SMK yang ada di wilayah Meepago B yang terdiri dari Kabupaten Mimika, Puncak dan Asmat mengikuti 18 mata lomba. Yakni kuliner, servis restoran, teknik control industry, teknik automobile, teknik instansi kelistrikan, wall and floor tilling, landscape and gardening , teknologi peternakan, tractor engine esembling, teknik desain laman, IT network system administration, IT software solution for business, robotik, pemasaran daring, teknik pengelasan, refrigeneration and air conditioning, industry pariwisata dan farmasi.

Dari 18 mata lomba ini, SMK Mimika berhasil memenangkan 6 mata lomba yakni tractor engine, landscape and gardening, robotic, refrigeneration and air conditioning, pemasaran daring dan farmasi untuk kemudian diperlombakan di tingkat provinsi yang dijadwalkan dilakukan, Rabu (22/7) kemarin. Namun karena tidak memiliki lawan dari SMK lainnya, sehingga tanpa bertanding keenam mata lomba ini dinyatakan sebagai juara satu.

Sementara untuk 12 mata lomba lainnya tetap diikutkan untuk mengikuti lomba tingkat provinsi untuk perebutan juara 2 dan 3.

“Jadi penilai ada di Jayapura. Dengan kerja keras para kepala sekolah dan guru SMK yang ada di Meepago B didukung oleh IT dari Telkomsel dan beberapa sponsor sehingga ini bisa berjalan dengan sistem online sejak Selasa dan hari ini (Rabu kemarin, red) dan besok (hari ini, red),” kata Ketua Pelaksana LKS SMK 2020, John Lemauk saat ditemui Radar Timika di SMK Yapis Mimika, Rabu (22/7) kemarin.

Ia berharap tahun ini ada perwakilan dari SMK yang ada di Meepago B khususnya Mimika yang bisa lolos untuk mengikuti LKS di tingkat nasional membawa nama Provinsi Papua. Dukungan dari Pemerintah Daerah dalam kegiatan ini pun sangat diharapkan, karena nama yang dibawa dalam perlombaan ini adalah nama kabupaten, bukan nama pribadi peserta dan juga sekolah semata.

“Saya mewakili teman-teman kepala sekolah yang ada di wilayah Meepago B berpesan kepada pemerintah daerah bahwa kami ada di daerah untuk membangun SDM, sehingga kami berharap pemerintah daerah mendukung anak-anak ini,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris panitia LKS Meepago B, Slamet Dwiyono mengatakan sangat berharap dari 6 mata lomba yang sudah dinyatakan lolos ini, bisa ikut mewakili Papua dalam perlombaan di tingkat nasional yang sudah tidak lama lagi. Para peserta diharapkan bisa terus belajar dan yakin akan kemampuan yang dimiliki.

“Nanti yang juara akan mendapat uang pembinaan dan juga sertifikat dan ini sangat bagus sekali bisa digunakan nantinya untuk masa depan anak itu sendiri,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *