oleh

Angkat Plt Sekda, Bupati Sebut Sudah Lapor Kemendagri

TIMIKA – Mengingat adanya kekosongan jabatan Sekretaris Daerah karena Drs Marthen Paiding, MMT sudah pensiun, maka Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE MH menunjuk Nicolaas Kuahaty sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Terkait hal itu, Bupati Omaleng mengungkapkan sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Dirjen Otonomi Daerah ketika berkunjung ke Timika, Rabu (22/7) lalu bersama Mendagri, Tito Karnavian.

Sebenarnya kata Bupati maleng, tadinya Nicolaas Kuahaty akan dilantik sebagai Penjabat Sekda. Tapi pada Selasa (21/7) malam lalu ada surat dari Gubernur Papua, sehingga hanya dilantik sebagai pelaksana tugas (Plt) yang berlaku selama 14 hari kedepan agar tidak ada kekosongan jabatan Sekda.

Selama 14 hari itu, Nicky Kuahaty sapaan akrab Nicolaas diberi kesempatan untuk bertemu Bupati Kaimana menyelesaikan persoalan. Sebelumnya Nicky Kuahaty bertugas di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat. Juga sekaligus menuntaskan kepindahannya ke Timika. “Surat pindah sementara diproses, dari BKD Provinsi Papua sudah menyurat ke BKD Kabupaten Kaimana,” katanya.

Kemudian ketika kunjungan bersama Mendagri di Timika dua hari lalu, Bupati juga melakukan koordinasi dengan Dirjen Otonomi Daerah terkait pengangkatan Plt Sekda. Petunjuknya, Dirjen Otda memberi waktu selama 7 hari kepada Bupati Kaimana. “Apabila Bupati Kaimana tidak memenuhi panggilan untuk menyelesaikan masalah ini, maka Dirjen Otda akan panggil ke Jakarta untuk menyelesaikan. Jadi diambil alih oleh pusat,” tutur Bupati Omaleng.

Dirjen Otda juga meminta Bupati mencari dasar hukum atau aturan yang membolehkan pengangkatan Sekda dari daerah lain. Jika tidak diperbolehkan maka harus dari lingkup Pemda Mimika sendiri. “Sehingga kami lagi cari aturan itu sambil tunggu proses perpindahan (Nicky Kuahaty), kalau perpindahan sudah aman. Kalau tidak diperbolehkan, kita bisa ganti Plt dengan yang lain,” kata Bupati Omaleng. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *