oleh

Pusat Puji Penanganan Covid-19 di Mimika

TIMIKA – Pemerintah pusat salut dengan kemampuan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika serta berbagai pihak dalam menanganai Covid-19 di Mimika sehingga angka kesembuhan cukup tinggi sementara angka kematian bisa ditekan.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH memaparkan penanganan Covid-19 di Mimika secara langsung kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Kepala Staf Umum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto dan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddydalam pertemuan Rabu (22/7) lalu di Rimba Papua Hotel.

Dalam laporannya, Bupati Omaleng mengatakan selama 4 bulan total kasus Covid-19 yang ditangani sebanyak 474. Namun dalam bulan keempat ini kasus aktif tersisa 58. Ada 6 pasien yang meninggal dunia dan 410 pasien sudah sembuh.

Bupati mengungkapkan Pemda Mimika bersama Forkopimda beberapa kali mengambil kebijakan dalam bentuk kesepakatan bersama, Instruksi Bupati maun surat edaran. Termasuk kebijakan penerapan new normal yang mulai diberlakukan di Mimika. “Kalau tunggu provinsi dan pusat maka virus corona tidak bisa diselesaikan, jadi ambil kebijakan sendiri,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra menambahkan penanganan Covid-19 di Mimika juga merujuk pada kebijakan nasional. Mulai dari sistem ketahanan kesehatan, ekonomi dan mitigasi warga yang terdampak Covid-19.

Reynold mengungkapkan semula ada 7 distrik yang terdampak, tapi kini tersisa 5 distrik. 18 kelurahan dan 9 kampung juga terdampak tapi kini tersisa 15 kelurahan dan 2 kampung. Tersisa Distrik Mimika Baru dan Tembagapura yang masuk dalam kategori zona merah.

Angka reproduksi efektif Covid-19 di Kota Timika sudah berada di bawah angka 1 artinya sudah terkendali. Namun Tembagapura masih di atas 1 sehingga masih ada kebijakan khusus dengan memperketat akses keluar masuk Tembagapura.

Menkopolhukam dan Mendagri tidak memberikan komentar banyak terkait penanganan Covid-19 di Mimika. Namun pujian dilontarkan Kasum TNI, Letjen TNI Joni Supriyanto. “Mimika perlu dicontoh melihat persentase kesembuhan yang cukup tinggi. Kabupaten lain perlu studi banding ke Timika,” ujarnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *