oleh

Tak Ada Program Nikah Massal, Pasutri Bisa Manfaatkan ‘Jok Married’

TIMIKA – Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun ini terasa berbeda. Kegiatan yang biasanya digelar untuk menyemarakkan HUT RI harus dihilangkan karena dalam situasi pandemi Covid-19.

Salah satunya nikah catatan sipil massal yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika pada tahun ini tidak digelar. Namun masyarakat dalam hal ini pasangan suami istri yang sudah melakukan pemberkatan nikah gereja bisa memanfaatkan layanan ‘Jok Married’ yang dilakukan oleh Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo yang ditemui di Hotel dan Resto Cenderawasih 66 ketika menghadiri kegiatan Rabu (13/8) lalu mengatakan memang biasanya setiap tahun giat nikah massal dilaksanakan tapi karena situasi pandemi Covid-19 maka ditiadakan.

Namun layanan catatan sipil kata Slamet tetap dibuka kepada masyarakat lewat Jok Married atau Pojok Pernikahan yakni pelayanan terintegrasi sistem yang menggabungkan antara pelayanan pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk.

Pasangan suami istri yang mendapatkan layanan Jok Married akan mendapatkan tiga dokumen sekaligus. “Dalam artian kalau dulu nikah sipil hanya dapat akte perkawinan sekarang dipaketkan antara layanan di catatan sipil dengan layanan di pendaftaran penduduk. Mereka akan mendapatkan akta perkawinan, kartu keluarga dan KTP baru dengan status kawin, karena tadinya belum kawin, ” jelas Slamet.

Slamet menegaskan layanan ini tidak dipungut biaya dan bisa dilakukan setiap hari kerja. Syaratnya hanya satu yaitu sudah menikah gereja dibuktikan dengan akta pernikahan dari gereja tempat pemberkatan. Kemudian saat nikah catatan sipil didampingi saksi.

Untuk layanan langsung di gereja, Slamet mengatakan sejak lama selalu direspon. Namun dengan situasi Covid-19 sekarang ini, Disdukcapil akan tetap melayani namun dengan memperhatikan protokol Covid-19. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *