oleh

Disdukcapil Uji Coba Program Paten Di Miktim

TIMIKA – Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika kembali membuka pelayanan pembuatan administrasi kependudukan di distrik. Kali ini mereka mulai melakukan uji coba Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

“Hari ini kita uji coba program Paten. Program ini agar memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan,” ungkap Kadisdukcapil Mimika, Slamet Sutejo kepada Radar Timika saat ditemui di Mapurujaya, Jumat (21/8).

Slamet menerangkan, program Paten dasarnya Permendagri Nomor 04 tahun 2010 tentang Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Dalam program ini khususnya kolaborasi antara Disdukcapil dan distrik. Dalam melayani pembuatan administrasi kependudukan mulai KTP, KK, Akta Kelahiran, Surat Pindah antara kabupaten juga sudah bisa dibuat di distrik serta administrasi kependudukan lainnya.

“Inilah gunanya kenapa dari Dirjendukcapil membuat inovasi, salah satunya tanda tangan elektronik. Ini juga turunan dari Permendagri Nomor 07 tahun 2017 tentang Pelayanan Daring,” terangnya.

Ia menyebutkan, untuk di Timika ada dua distrik yang menjadi tempat pelayanan program ini untuk pertama kalinya, yakni Distrik Mimika Baru dan Distrik Mimika Timur. Lanjut Slamet, untuk pelaksanaan program ini pihaknya juga akan menempatkan fasilitas penunjang dan petugas Disdukcapil di distrik untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Ia menambahkan di Distrik Mimika Timur kedepannya tidak hanya melayani masyarakat di sana. Tetapi juga akan melayani masyarakat dari sejumlah distrik di wilayah pesisir dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Ini untuk memudahkan masyarakat, biar masyarakat tidak capek atau buang biaya transportasi untuk ke SP 3 lagi,” ungkapnya.

“Hari ini kami mulai uji coba hingga satu minggu kedepan. Kalau running sudah bagus kita akan laporkan ke pimpinan dan setelah itu akan di-launching,” tambahnya.

Sementara itu Kadistrik Miktim, Yulianus Pinimet mengatakan pihaknya mengapresiasi Disdukcapil atas program tersebut. Pasalnya program itu sangat membantu khususnya masyarakat Mimika Timur dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Kami sangat berterima kasih dengan program ini, sehingga masyarakat di Miktim sini semuanya bisa memiliki administrasi kependudukan,” tukasnya.(itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *