oleh

Pelni Prediksi Kapal Penumpang Mulai Beroperasi November

TIMIKA – Dibukanya kembali akses keluar masuk Timika baik udara maupun laut, ternyata belum bisa diterapkan Pelni Cabang Timika untuk mengangkut penumpang. Bukan karena tidak ingin, tetapi karena masih ada beberapa pelabuhan yang menjadi akses atau wilayah Pelni Timika yang belum buka, seperti Merauke.

Kepala Pelni Cabang Timika, Dadang Rukmana saat ditemui, Selasa (25/8) mengatakan kapal penumpang tidak lagi masuk ke Timika sejak awal pandemi Covid-19 atau sejak 5 bulan lalu. Kapal yang beroperasi hanya kapal logistik saja.

Dadang memprediksi kapal penumpang akan kembali beroperasi pada November mendatang. Atau jika Pelabuhan Merauke sudah resmi dibuka kembali.

“Kalau Tual, Dobo dan Kaimana itu sudah buka. Ya kita harapkan Merauke juga bisa cepat buka, karena memang setiap hari ini selalu ada masyarakat yang datang katanya mau cek jadwal dan beli tiket, tapikan memang tidak ada dan kita sudah sampaikan pasti kita akan umumkan kalau ada,” jelasnya.

Jika November nanti kapal penumpang benar-benar sudah beroperasi, pihaknya akan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mewajibkan semua penumpang menggunakan masker, mencuci tangan sebelum naik kapal dan diperiksa suhu tubuhnya, serta wajib menyiapkan dokumen pendukung lainnya yang menjadi aturan daerah tujuan.

Sementara itu, Muhidin, masyarakat yang sedang mencari info keberangkatan di papan pengumuman keberangkatan yang dipasang di depan Kantor Pelni di Jalan Kartini, Selasa (25/8) berharap kapal penumpang Pelni bisa segera beroperasi kembali di Timika. Pasalnya sudah 3 bulan terakhir ini ia ingin kembali ke Tual, namun karena belum ada kapal sehingga ia hanya bisa menunggu. Ia mengatakan selama ini ia selalu menggunakan kapal saat pulang kampung karena harga tiketnya murah.

Sebelumnya warga Timika dihebohkan dengan adanya kapal penumpang yang masuk dan keluar Mimika beberapa waktu yang lalu. Kapal tersebut bukan kapal penumpang Pelni, tetapi KM Sabuk Nusantara.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *