oleh

Bea Cukai Tiga Kali Gagalkan Penyelundupan Tembakau Gorilla

TIMIKA – Pengawasan Penyelundupan Narkotika dengan call sign Berantas Sindikat Narkotika (Bersinar) yang dibuat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, untuk memberikan impact yang lebih besar dalam reduksi suplai Net Primary Production (NPP) dari sisi internasional dan domestic dalam jangka waktu yang serentak dan terkoordinasi serta bersinergi dengan apparat penegak hukum lainnya.

KPPBC TMP C Amamapare atau yang lebih dikenal Bea Cukai Amampare sebagai unit di bawah Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua terlibat aktif dalam operasi ini. Mengawali pelaksanaan operasi Bersinar, Bea Cukai Amampare telah melakukan koordinasi dengan apparat penegak hukum di wilayah Kabupaten Mimika yakni dengan BNN dan Polres Mimika, bersinergi dalam melakukan pemberantasan peredaran Narkotika di wilayah hukum Kabupaten Mimika.

Dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki dan juga pertukaran informasi internal DJBC, Bea Cukai Amamapare bersama BNN Mimika dan Satresnarkoba Polres Mimika telah 3 kali menggagalkan penyelundupan narkotika berupa ganja sintetis atau synthetic cannabinoid atau yang umum dikenal sejak Juni hingga Agustus ini.

“Penindakan upaya pemasukan ke Mimika sebanyak 3  kali dengan modus kiriman paket yang pemberitahuannya disamarkan atau disembunyikan dalam paket kiriman domestik, dengan jumlah barang bukti yang bermacam-macam mulai dari 3 gram sampai dengan 500 gram sebagaimana tertera pada berat paket kiriman,” kata Kepala Bea Cukai Amampare, I Made Aryana, Selasa (25/8).

Adapun asal dari 3 paket tersebut yakni Jakarta dan Makassar. Pengungkapan ini juga merupakan hasil sinergi dan informasi dari Satker-satker lain di internal DJBC mulai dari pusat, Sulawesi dan Papua. Yang kemudian ditindaklanjuti dengan operasi gabungan di Mimika.

“Tindak lanjut penindakan tersebut telah diserahterimakan ke BNNK Mimika dan Satresnarkoba Polres Mimika untuk penanganan perkara lebih lanjut,” katanya.

Made Aryana mengatakan Bea Cukai Amampare senantiasa bekerja keras dalam menjalankan fungsinya sebagai community protector  dengan tetap mengedepankan sinergi bersama. Dan akan turut serta dalam kegiatan penyuluhan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda penerus bangsa khususnya di Kabupaten Mimika tentang bahaya penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *