oleh

Wakapolres Aktifkan Kembali Sejumlah Poskamling di SP I

TIMIKA – Satu dari empat Poskamling di Kelurahan Kamoro Jaya diaktifkan kembali. Pengaktifan kembali Poskamling tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian pencanangan Kampung Tangguh Papeda, yang dilaksanakan bersamaan, Selasa (25/8).

Wakapolres Mimika, Kompol I Nyoman Punia sebelum meresmikan bangunan Poskamling menjelaskan, peresmian sekaligus pengaktifan Poskamling kedepannya akan membantu tugas dari aparat keamanan.

“Apalagi di saat yang hampir bersamaan, akan dilaksanakan perlombaan Kampung Tangguh Papeda di tingkat Provinsi,” ujarnya.

Untuk tetap menjaga Kamtibmas di kampung maupun kelurahan, ia mengakui tidak bisa dilakukan sendiri oleh Bhabinkamtibmas maupun Babinsa yang bertugas. Seluruh masyarakat dinilainya, punya peran dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan pendirian Poskamling ini, saya anggap luar biasa karena punya kesadaran sendiri untuk menjaga Kamtibmas,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua KKJB Cabang SP I yang juga mantan Kepala Desa Kamoro Jaya, H Bahroni mengatakan, pengamanan di Kamoro Jaya selama ini diprakarsai oleh KKJB Cabang SP I. Di mana, setidaknya ada sekitar 97 orang yang bertugas setiap hari secara bergiliran.

“Pengaktifan kembali Poskamling di sini, kami harapkan jadi penyemangat agar masyarakat kembali bertugas jaga malam. Tetapi kalau warga tidak ikut berpartisipasi, maka kami yang ada di Garda KKJB akan kewalahan,” ungkapnya.

“Sementara ini, baru ada empat pos yang aktif. Yang pasti kami siap menggiatkan kembali patroli di wilayah Kamoro Jaya, supaya tetap aman,” sambung H Bahroni.

Dalam pengaktifan kembali Poskamling tersebut, hadir pula Kapolsek Mimika Baru Kompol Sarraju, Danramil 1710-02 Timika, Kapten Inf Heru, Kasat Binmas Polres Mimika, AKP Ferdinan R Waloni, sejumlah ketua RT, Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kelurahan Kamoro Jaya, juga Garda KKJB Cabang SP I serta masyarakat.

Sebelumnya, Danramil 1710-02 Timika, Kapten Heru yang mewakili Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menyampaikan, TNI dan Polri tidak dapat bertugas maksimal, dalam hal pengamanan tanpa adanya bantuan dari seluruh lapisan masyarakat. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *