oleh

Dinas Pendidikan Harus Pastikan Hak Anak Belajar Di Tengah Pandemi

TIMIKA – Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika diharapkan bisa menurunkan tim untuk memantau langsung apakah aktivitas Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) di wilayah pesisir dan pedalaman di masa pandemi Covid-19 ini masih berjalan atau sama sekali terhenti.

Berbeda dengan para pelajar di seputar Kota Timika. Selama hampir lima bulan ini, para pelajar di seputar Kota Timika melakukan aktivitas belajar dari rumah dengan sistem daring. Walaupun tidak bertatap muka, namun para pelajar tetap mendapatkan haknya.

Untuk itulah, Anggota Komisi C DPRD, Julian Solossa, Kamis (27/8) berharap agar hak dari para pelajar khususnya yang berada di pesisir dan pedalaman ini juga bisa didapat dengan pengawasan dari tim Dinas Pendidikan.

“Anak-anak bangsa ini lima bulan terlantar di pesisir dan pedalaman. Apakah tim yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan ini turun ke lapangan untuk melihat lalu membawa anak-anak bangsa, ada panduan, atau buku yang diserahkan?,” tanyanya.

Solossa mengatakan, jangan sampai anak-anak bangsa yang ada di pesisir dan pedalaman ini terlantar karena tidak difasilitasi dengan kegiatan belajar di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui lanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan, Jeni O Usmany juga kini tengah merangkap jabatan sebagai Pj Sekda. Solossa berharap agar kepala dinas tetap memastikan bidang pendidikan berjalan dengan baik.

Tim dari Dinas Pendidikan kata Julian, harus terus bekerja ekstra keras untuk memastikan anak-anak tetap mendapatkan haknya mengenyam pendidikan, walaupun tidak ditunjang dengan fasilitas internet untuk pembelajaran daring.

Dinas Pendidikan tambahnya, bisa bekerja sama dengan dinas teknis lainya seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk menyediakan layanan perpustakaan keliling untuk anak-anak yang berdomisili di wilayah pesisir dan pegunungan.

“Bisa menjalin kerja sama dengan Dinas Perpustakaan, mereka harus kontinyu memastikan hak anak untuk tetap belajar ini bisa tercapai,” imbuh Solossa.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *