oleh

Disnakertrans Bangun PHI di Mimika

Peradilan perselisihan hubungan industrial selama ini digelar di Jayapura. Mengingat banyaknya pengaduan, maka Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika berinisiatif membangun Pengadilan Hubungan Industrial di Mimika.

Pembangunan gedung yang berlokasi di Kelurahan Kamoro Jaya SP 1 itu kini memasuki tahap kedua. Pembangunan dimulai tahun lalu. Namun menurut Kepala Disnakertrans Mimika, Paulus Yanengga, kemungkinan besar baru rampung tahun depan.

Paulus yang ditemui di kantornya, Selasa (1/9) kemarin mengatakan jika gedung itu sudah selesai, maka setiap ada perselisihan hubungan industrial tidak perlu lagi ke Jayapura. Cukup ditangani langsung di Timika.

Nanti akan dibentuk tim khusus yang memang menangani perselisihan. Kementerian Tenaga Kerja akan menetapkan siapa saja pegawai yang memang layak. Pegawai itu harus menjalani pendidikan khusus bidang hubungan industrial dan mengantongi lisensi.

Sebenarnya diungkapkan Paulus, pembangunan bisa diselesaikan tahun ini seandainya tidak ada refocusing dan realokasi untuk penanganan Covid-19. Anggaran yang awalnya dialokasikan Rp 5 miliar harus dipangkas, tersisa Rp 2 miliar.  “Di situ banyak kebutuhan jadi tahun depan masih lanjutan lagi, tahun ini saja baru tahap kedua,” tandasnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *