oleh

Ojek Pasar Sentral Akan Diberikan Rompi Khusus

TIMIKA – Penataan Pasar Sentral yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag), bukan hanya menata lapak pedagang, menertibkan bangunan-bangunan liar yang dibangun di luar gedung yang sudah disediakan dan mendata ulang para pedagang. Namun juga akan mendata para tukang ojek yang memiliki pangkalan di dalam area Pasar Sentral, agar penarikan retribusi tempat khusus parkir yang sudah mulai diberlakukan, Selasa (1/9) tidak memberatkan para tukang ojek tersebut.

Dalam penataan ini, Kepala Disperindag Mimika, Michael Gomar menugaskan Bambus Pasar untuk mendata sesuai KTP. Disperindag akan menyiapkan sarana prasarana seperti tempat mangkal yang akan dipindahkan ke tempat yang lebih strategis.

“Kita akan data berapa jumlahnya supaya kita bisa sediakan tempatnya, karena tempat sekarang itu akan dijadikan tempat parkir pengunjung,” katanya.

Selain menyiapkan tempat, tukang ojek Pasar Sentral juga akan dilengkapi dengan rompi khusus agar juru parkir yang bertugas bisa mengenali mana tukang ojek Pasar Sentral dan mana pengunjung.

“Karena kita akan siapkan aturan khusus untuk tukang ojek dalam penarikan retibusi ini. makanya penting untuk kita lakukan pendataan,” ungkap Gomar.

Ia mengatakan, penataan yang dilakukan bukan untuk kepentingan pemerintah, tetapi untuk kepentingan semua masyarakat Mimika. Kebijakan yang diambil Disperindag tujuannya untuk kebaikan semua, baik pedagang maupun pengunjung, sehingga kerjasama dan dukungan masyarakat sangat diharapkan agar Pasar Sentral Mimika menjadi pasar yang bisa dijadikan contoh oleh kabupaten tetangga.

Untuk pedagang yang masih berjualan di luar Pasar Sentral seperti di Pasar Lama atau eks Pasar Swadaya dan Pasar Gorong-Gorong, tetap akan dipindahkan ke Pasar Sentral.

“Semua akan kita satukan di sini (Pasar Sentral) sebagaimana namanya Pasar Sentral, maka akan dipusatkan juga di sini. Lapak-lapak yang kosong silakan untuk diisi sesuai dengan nomornya,” tutupnya.(ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *