oleh

Agenda DPRD Hingga Akhir Tahun 2020 Siap Dijalankan

TIMIKA – Agenda 35 Anggota DPRD hingga akhir tahun 2020 siap dijalankan. Adapun jadwal agenda dalam kurun waktu tiga bulan kedepan ini ditetapkan berdasarkan hasil rapat yang digelar oleh Badan Musyawarah (Bamus) DPRD, Kamis (3/9) kemarin, di Ruang Serba Guna kantor DPRD Mimika.

Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng, SIP MA mengatakan berdasarkan hasil rapat bersama Bamus ini, agenda sampai akhir tahun akhirnya ditetapkan dan diharapkan bisa berjalan sesuai dengan jadwal.

Rapat Bamus guna pembahasan jadwal sampai akhir tahun ini kata Robby sengaja digelar lagi, sebab jadwal yang sudah pernah ditetapkan belum dapat dilaksanakan dengan maksimal karena berbagai kendala.

“Kami sudah tetapkan ada pergeseran agenda yang sebelumnya sudah ditetapkan. Tapi karena situasi berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban BPK belum sampai di DPRD, baru kemarin materi sampai ke Sekwan dan kami sudah tetapkan beberapa agenda,” jelas Robby.

Dikatakan, satu agenda dan jadwal yang ditetapkan bersama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, yaitu pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2019 dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2019, yang akan dilaksanakan sejak tanggal 8 September hingga 11 September 2020 mendatang.

Lanjutnya, untuk pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2020 akan dibahas mulai 15 hingga 25 September. Setelahnya akan diparipurnakan dan akan dievaluasi pada 28-30 September. Agenda berikutnya adalah mengevaluasinya di Jayapura pada 1-4 Oktober 2020.

“Setelah LKPJ dan LPPD itu rampung di awal Bulan September, kita akan bahas APBD Perubahan hingga ditetapkan sekitar 30 September. Dilanjutkan dengan penetapan APBD Perubahan yang akan kita evaluasi ke Jayapura pada 1 sampai 4 Oktober 2020,” jelas Robby.

Lanjutnya, setelah mengevaluasi APBD Perubahan di Jayapura, sambil menunggu pembahasan KUA PPAS, dewan akan masuk pada agenda pembahasan Ranperda Non APBD di minggu pertama dan kedua Bulan Oktober mendatang.

Dengan jadwal yang sudah ditetapkan ini, Politisi Partai Golkar ini berharap dengan materi hasil audit BPK terhadap APBD 2019 yang sudah dimasukkan oleh Eksekekutif ke DPRD Mimika, enam fraksi yang ada bisa membaca dan melihat hal hal penting dari hasil audit. Dengan dicermatinya materi tersebut, ia berharap pada pembahasan dan penetapan LPPD dan LKPJ tahun 2019 bisa berjalan sesuai waktu.

“Enam fraksi silahkan berikan rekomendasi atau menyampaikan melalui pemandangan umum fraksi terhadap hasil audit BPK,” jelasnya.

Ditambahkannya, jika hasil audit sudah ada, maka enam fraksi tinggal memberikan saran dan masukan saja dengan harapan agenda tersebut bisa cepat rampung, mengingat masih banyak agenda penting lainnya yang harus diselesaikan sebelum akhir tahun 2020.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *