oleh

Pembahasan APBD-P Dijadwalkan Bulan Ini

Pembahasan APBD Perubahan tahun 2020 mengalami pergeseran waktu dari semula ditetapkan pada bulan Agustus kemarin digeser ke akhir bulan September ini.

Ketua DPRD Mimika Robby Omaleng mengatakan molornya agenda dewan ini gara-gara situasi pandemi dan lambat keluarnya hasil audit dari BPK RI.

“Pembahasan APBD Perubahan tahun ini sudah dijadwalkan bulan ini,” ujar Robby.

Sejumlah agenda penting DPRD Mimika mengalami pergeseran waktu, hal ini diakibatkan situasi pandemi COVID-19 di Mimika dan juga karena molornya masuknya hasil audit LHP BPK RI tentang penilaian adminsitrasi keuangan pemerintah eksekutif kepada legislatif DPRD Mimika.

Setelah mendapat materi LKPJ Pemkab Mimika, DPRD Mimika langsung meresponnya dengan menata kembali agenda DPRD di tahun berjalan, yakni dengan menggelar rapat Badan Musyawarah pada 2 September kemarin.

Ketua DPRD Robby Omaleng, Jumat (4/9) menjelaskan perubahan jadwal ini di antaranya pembahasan Laporan Penyelenggaan Pemerintah Daerah LPPD dibahas mulai tanggal 8 sampai 11 September ini. Molor dua bulan dari agenda awal pada bulan Juli kemarin.

Selanjutnya Paripurna APBD Perubahan 2020 dibahas pada 16 sampai 25 September, molor 1 bulan dari agenda sebelumnya di Agustus kemarin.

Sementara untuk Pembahasan Raperda non APBD dimajukan ke bulan Oktober, dari rencana sebelumnya pada bulan Desember akhir tahun.

Selanjutnya, pembahasan APBD Induk tahun anggaran 2021 diagendakan kembali akan dibahas pada bulan november – desember. Jadwal ini  molor dari jadwal semula di bulan oktober sampai november.

Robby Omaleng menambahkan, dokumen salinan LKPJ Pemerintah ekesekutif telah dibagikan ke-enam Fraksi di DPRD Mimika untuk dipelajari dan diberikan masukan dalam pandangan Fraksi.

Ia berharap kegiatan agenda penting DPRD Mimika dapat kembali berjalan sesuai perencanaan, demi maksimalnya tugas peran dewan dalam legislasi peraturan dan penganggaran di wilayah pemerintah Kabupaten Mimika. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *