oleh

Orang Tua Punya Peran Minimalisir Tindak Kriminal Pada Anak

Para orang tua mempunyai peran yang sangat besar, untuk meminimalisir adanya kemungkinan tindak kriminalitas pada anak-anak.

Peran orang tua di rumah harus lebih ditingkatkan lagi dalam pengawasan kepada anak-anak mereka, agar tindak kriminalitas pencurian kendaraan bermotor, yang melibatkan anak-anak di bawah umur tidak lagi terjadi di kota Timika.

Ketua Komisi C DPRD Elminus B Mom kepada Radar Timika, Senin (7/9) mengungkapkan, jika kebiasaan anak baik negatif maupun positif adalah tanggung jawab dari orang tua.

Untuk itulah, para orang tua sebagai guru pertama bagi anak mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak. Jika anak-anak di bawah usia saja, sudah berani melakukan tindak kriminalitas pencurian kendaraan bermotor, maka Elminus khawatir, pada usia selanjutnya yang bersangkutan akan melakukan tindak kriminalitas yang lebih besar lagi.

“Guru pertama bagi anak adalah orang tua sendiri. Dia jaga baik, nasehat baik, maka anak itu akan takut. Tapi kalau orang tua tidak kontrol, maka anak akan bebas, dia bisa pencuri, rampok,” ungkapnya.

Mantan ketua DPRD ini mengungkapkan, para orang tua di rumah harus terus mendidik dan menasehati anak-anak sebagai generasi penerus bangsa ini, dengan ajaran-ajaran dan ilmu yang baik.

Dengan perkembangan zaman yang semakin modern dan canggih ini, anak-anak sebutnya harus dibentengi dengan ilmu pengetahuan dan agama, serta adab yang baik dari keluarga. Dengan bekal ajaran yang baik dari dalam rumah, maka ia berharap kelak anak-anak bisa membawa diri, dan menjadikan apa yang ia dapat di rumah sebagai bekal dalam kehidupanya.

“Orang tua harus bekali anak dengan imu dan adab yang baik. Kalau tidak, dibiarkan terus maka anak akan biasa melakukan kejahatan. Semua ini tergantung orang tua. Guru yang pertama adalah orang tua sendiri,” imbuh Elminus. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *