oleh

Pemerintah Harus Tindak Tegas Pengedar Makanan Kedaluwarsa

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) diharapkan bisa menindak tegas para pengedar makanan kedaluwarsa. Jika sudah berulang kali diberikan peringatan, namun masih kedapatan menjual dan mengedarkan bahan makanan maupun makanan kedaluwarsa, maka pemerintah diharapkan tidak segan melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian, mengingat bahayanya makanan kedaluwarsa jika dikonsumsi.

Anggota Komisi B DPRD Anthon Pali saat ditemui Radar Timika, Senin (7/9) menegaskan, peredaran barang kedaluwarsa ini bisa terus menerus terjadi karena belum adanya tindakan tegas yang diambil oleh pemerintah.

Aloisius Paerong

Selama ini para distributor, agen maupun pengecer bahan makanan terus ditemukan masih menjual barang yang sudah kedaluwarsa karena mereka hanya sebatas diberikan peringatan saja.

“Disperindag harus tangani hal itu, jika ditemukan barang kedaluwarsa terus menerus, maka harus tegas, tidak boleh ada kompromi dengan oknum yang melakukan hal yang sama, kalau perlu harus diproses secara hukum,” tegas Anthon Pali.

Politisi Partai Nasdem ini mengungkapkan jika Disperindag harus terus melakukan pengawasan secara kontinyu terhadap kemungkinan adanya peredaran barang kedaluwarsa. Jika Disperindag hanya memberikan peringatan-peringatan saja dan berulang kali hal yang sama dilakukan oleh oknum yang mengedarkan barang kedaluwarsa, maka hal yang sama akan terus terjadi.

Selain Disperindag, masyarakat kata Anthon juga diminta untuk pro aktif menyampaikan kepada pihak terkait jika mendapati adanya barang kedaluwarsa. “Masyarakat saya harapkan juga melaporkan jika menemukan adanya barang kedaluwarsa agar bisa ditindak,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota Komisi B lainya, Aloisius Paerong. Menurutnya, Disperindag memang mempunyai tupoksi untuk mengawasi peredaran barang. Dalam peredaran makanan, jika ditemukan adanya barang kedaluwarsa memang harus ditindak sesuai dengan aturan. Sanksi yang diberikan pun sesuai aturan yang berlaku.

Dalam pengawasan peredaran barang, sebut Aloisius, pemerintah tentu sudah mempunyai pedoman. Guna memastikan produk makanan aman sampai ke toko dan pengecer, yang harus diperhatikan sebutnya adalah dari sisi pengiriman barang dari luar daerah.

Agar para distributor sampai pengecar barang dan makanan tidak lagi menjual barang kedaluwarsa, maka harus diadakan sosialisasi juga oleh pemerintah. Dengan sistim first in dan first out yakni barang yang pertama kali masuk harus keluar, inilah yang harus diketahui oleh penjual.

“Kalau mereka tidak tersosialisaikan sistim penyimpanan barang di dalam gudang, ada kemungkinan barang yang sudah tersimpan lama tidak terjual, dan barang yang didepan dijual terlebih dahulu, maka di sinilah dibutuhkan pengawasan yang barang,” imbuhnya. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *