oleh

Pedagang Diberi Waktu hingga Jumat Lusa

Tim gabungan penataan dan penertiban pasar mulai melakukan sosialisasi kepada pedagang di eks Pasar Swadaya atau Pasar Lama dan Pasar Gorong-Gorong untuk mulai mengosongkan pasar tersebut dan merelokasi diri ke Pasar Sentral Timika.

Pada sosialisasi yang dipimpin Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Michael Gomar, Selasa (8/9) yang dimulai di Pasar Lama (Eks Pasar Swadaya Timika), semua pedagang baik mama-mama Papua, pedagang bumbu dapur, ikan, ayam, pakaian dan semua yang berjejer di sepanjang bahu jalan, diberi jangka waktu tiga hari untuk mengosongkan pasar tersebut. Begitu pun dengan pedagang di Pasar Gorong-Gorong.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung ini memastikan, hari Jumat (11/9) lusa, seluruh pedagang di dua pasar tersebut akan ditertibkan.

“Kepada seluruh pedagang di Pasar Lama dan Pasar Gorong-Gorong hari ini kami sampaikan bahwa selama tiga hari ke depan semua harus kosongkan tempat dan segera tempatkan lapak yang ada di Pasar Sentral. Ini sesuai instruksi bapak Bupati dan kami berikan waktu tiga hari ke depan, jika tidak maka hari Jumat mendatang tim akan kembali dan melakukan penertiban,” kata Gomar saat menyampaikan sosialisasi.

Ia mengatakan penertiban pedagang di dua pasar tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan Mimika menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang akan berlangsung tahun 2021 nanti.

Meski sempat menuai protes dari pedagang mama-mama Papua yang mengaku akan tetap bertahan, namun sosialisasi yang dilakukan bersama Satpol PP dan TNI/Polri tetap berlangsung hingga siang hari.

Tim Gabungan ini optimis bisa melakukan relokasi pedagang di dua pasar ini ke Pasar Sentral yang dirancang untuk dijadikan sebagai pusat perbelanjaan dan kuliner di Kabupaten Mimika.

“Yang tinggal disini hanya kios-kios dan pedagang pakaian, tatapi untuk kios yang di luarnya atau diterasnya menjual sayur sayuran ataupun pangan lokal lainnya itu juga dilarang,” tegasnya. (ptb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *