oleh

Rp 30 Miliar untuk Rumah Sehat di Empat Distrik

Sudah menjadi program tahunan dari Pemerintah Daerah membangun rumah sederhana sehat bagi masyarakat yang memang dinilai layak. Tahun 2020 ini dialokasikan anggaran total Rp 30,3 miliar.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika, Yunus Linggi yang ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (8/9) kemarin mengatakan pembangunan rumah sehat sederhana tahun ini dilakukan di empat distrik diantaranya Mimika Baru, Wania, Kuala Kencana dan Mimika Barat.

Anggaran pembangunan rumah sehat sederhana itu berasal dari dua sumber yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Otonomi Khusus. Yunus Linggi tidak mengetahui pasti berapa total anggarannya. Jumlah rumah yang akan dibangun sekitar 70 unit.

Dari data yang diperoleh dari website LPSE Mimika pagu anggarannya mencapai Rp 30.350.000.000. Anggaran itu dibagi dalam empat paket berdasarkan distrik. Kuala Kencana mendapat alokasi terbesar dengan pagu Rp 24,375 miliar dengan pemenang tender PT Rante Bengkawan Jaya. Kemudian Distrik Mimika Baru senilai Rp 2,925 miliar kontraktor PT Sukamaju. Distrik Wania Rp 1,3 miliar kontraktor CV Karaka Mandiri. Kemudian Distrik Mimika Barat Rp 1,750 miliar dengan kontraktor CV Tri Puncak Papua.

Proses lelang sudah dilakukan tapi masih dalam tahap sanggahan. Yunus menyatakan, pembangunan pasti dilakukan tahun ini dengan target sebelum akhir tahun sudah rampung.

Selain pembangunan rumah sehat sederhana, dengan menggunakan bantuan dari Kementerian PUPR dilakukan rehabilitasi rumah masyarakat yang dianggap tidak mampu. Bantuan langsung disalurkan ke setiap penerima bantuan sehingga dananya digunakan untuk pembelian material termasuk jasa tukang. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *