oleh

BPKAD Tegaskan Tak Asal Putihkan Kendaraan Dinas

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH sudah mengeluarkan instruksi penarikan kendaraan dinas, dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak lagi menjabat alias non job. Hanya saja Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), belum melakukan penarikan untuk instruksi terbaru.

Kepala BPKAD Mimika, Marten Mallisa yang ditemui di Gedung DPRD Mimika, Jumat (11/9) kemarin mengatakan, yang diinstruksikan Bupati adalah pengembalian kendaraan dinas pada posisinya, mengingat banyak pejabat yang bergeser dan diganti.

“Kita belum lakukan penarikan yang kendaraan yang baru diinstruksikan Bupati. Kalau yang lama, sudah berapa yang kita tarik,” terangnya.

Pemutihan kendaraan dinas dengan mengubah status kepemilikan dari kendaraan negara, menjadi pribadi memang diperbolehkan. Tapi ditegaskan Marten Mallisa, pemutihan tidak dilakukan begitu saja. Sekalipun sudah berusia lima tahun.

Dijelaskan Marten, pemutihan baru bisa dilakukan jika sudah ada kendaraan pengganti. Tapi melihat situasi sekarang banyak kepala dinas baru dan OPD yang tidak punya kendaraan operasional.

“Itu yang saya pernah bilang bahwa kendaraan dinas baik operasional dan kendaraan jabatan itu bisa diputihkan, setelah ada kendaraan penggantinya supaya lebih mengoptimalkan dalam pelaksanaan tupoksi,” jelasnya.

Jadi, meskipun ada permintaan dari PNS untuk dilakukan pemutihan tidak bisa diproses oleh BPKAD, karena belum ada kendaraan pengganti. Itu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Sebab kalau sudah diputihkan, berarti berpindah tangan dari milik pemerintah jadi milik pribadi.

Sekarang ini diungkapkan Marten, banyak pejabat baru dan OPD yang tidak punya kendaraan dinas, sehingga tidak maksimal dalam menjalankan tupoksi. Adapun pengadaan kendaraan dinas tahun ini, hanya bagi Bupati dan Wakil Bupati serta beberapa kepala dinas termasuk asisten.

Pengadaan kendaraan dinas juga harus melalui perencanaan kebutuhan dan verifikasi. Saat pembahasan APBD juga akan dievaluasi, apakah memang kendaraan sangat dibutuhkan di OPD atau seperti apa. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *