oleh

Tim Medis Diperbanyak Saat Kedatangan KM Sirimau

TIMIKA – Petugas Puskesmas Mapurujaya akan terus memperketat pengawasan bagi penumpang kapal laut dari luar Papua yang hendak turun di Pelabuhan Pomako. Hal itu diungkapkan Kepala Puskesmas Mapurujaya, Onna Bunga kepada Radar Timika di Mapurujaya, Rabu ( 23/9).

Kata dia, dalam minggu ini ada satu kapal Pelni yang akan berlabuh di Pelabuhan Pomako, yakni kapal KM Sirimau.

“Hari Sabtu tanggal 26 mendatang KM Sirimau akan berlabuh di Pomako, kita tetap melakukan pengawasan seperti sebelumnya. Setiap penumpang akan diperiksa surat keterangan kesehatan bebas Covid -19 dari tempat mereka,” ujarnya.

Ia menerangkan, dalam melakukan pengawasan penumpang yang akan turun di pelabuhan Pomako Sabtu mendatang, dari Puskesmas Mapurujaya akan ada tambahan tim yaitu tim Promosi Kesehatan (Promkes) yang akan memberikan penyuluhan tentang protokol Covid-19, baik kepada penumpang yang turun maupun masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan Pomako.

Kata dia, tim yang turun dari Puskesmas Mapurujaya akan tetap dilengkapi dengan APD level 1, yaitu masker, handscoon, penutup kepala dan penutup wajah dan juga hand sanitizer.

Ia menjelaskan, untuk SOP soal selama proses pemeriksaan surat bebas Covid dari penumpang yang turun, proses pelaksanaannya masih sama seperti kapal KM Tatamailau yang juga berlabuh di Pomako pekan lalu.

“SOP masih sama seperti sebelumnya, tapi di sini kami sudah berkoordinasi dengan BPBD untuk melakukan penyemprotan desinfektan pada barang bawaaan penumpang,” tuturnya.

Adapun tim dari Puskesmas Mapurujaya yang akan turun mengawasi serta memeriksa penumpang yang turun terdiri dari tim 1 adalah tim Penyelidikan Epidemologi (PE), tim 2 tim skrining dan tim 3 tim karantina ini yang akan membantu validasi data dan juga tim BPBD untuk penyemprotan barang-barang bawaan penumpang.

“Pada intinya kami akan terus berkoordinasi dengan sektor terkait untuk terus perketat pengawasan di pintu masuk pelabuhan Pomako,” tukasnya.(itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *