oleh

DLH Harus Tambah Pengadaan Bak Sampah Besar

TIMIKA-Guna meminimalisir sampah yang berserakan di pinggir-pinggir jalan yang terjadi sampai saat ini, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) diharapkan dapat mengalokasikan anggaran untuk menambah bak sampah dengan ukuran yang besar.

Belum banyaknya tempat penampungan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di beberapa lokasilah yang menyebabkan masyarakat masih membuang sampah sembarangan. Untuk itulah, pengadaan bak sampah dengan ukuran yang besar menjadi solusi agar masyarakat mau tidak mau membuang di tempat yang telah disediakan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua I DPRD, Aleks Tsenawatme, Kamis (1/10). Menurutnya, DLH harus menambah bak sampah besar yang kemudian ditempatkan di lokasi-lokasi TPS yang ditentukan.

“Kalau bisa DLH sediakan dan tambah bak penampungan sampah yang besar, kita adakan agak banyak, pengadaan itu dulu agar betul-betul kita taruh di RT-RT, atau satu titik agar masyarakat lihat dan bisa buang di situ,” ungkapnya.

Politisi Partai Nasdem ini mengungkapkan jika dengan tersedianya bak sampah di mana-mana ini, maka masyarakat akan mulai tertib untuk membuang sampah di tempatnya.

Selain itu, keterlibatan ketua-ketua RT untuk ikut memantau warganya dalam ketertiban soal membuang sampah ini juga harus dilibatkan. Bahkan, jika diperlukan, keterlibatan anggota Satpol PP pun bisa diaktifkan kembali untuk menjaga di setiap lokasi TPS. Jika masih mendapatkan masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempat dan jam yang sudah ditentukan, maka kata Aleks, pemerintah bisa mengambil tindakan tegas sesuai dengan sanksi yang berlaku.

“Bila perlu libatkan kembali anggota Satpol PP untuk berjaga, kalau ada yang masih kedapatan buang sampah sembarang dan bukan pada jamnya, bisa ditindak sesuai aturan,” imbuh Aleks.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *