oleh

KSN Tingkat SMP Tertunda

TIMIKA – Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Mimika tertunda. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Mimika, Manto Ginting yang ditemui di Kantor Disdik, Kamis (1/10).

Sebenarnya kata Manto, seleksi KSN tingkat SMP dijadwalkan pada 29 September lalu tapi tertunda. Berbeda dengan tingkat SD yang sudah sempat dilakukan pada skala kabupaten dan tinggal dilanjutkan ke tingkat provinsi.

“SMP belum sempat dilakukan,” katanya.
Kendalanya, soal disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pelaksanaannya secara online. Tapi ketika akan dilaksanakan ada kendala pada sistem karena tingginya antusiasme semua kabupaten.

“Setelah kami registrasi semua, pelaksanaan sebenarnya tanggal 28. Karena animo peserta itu luar biasa sehingga website pusat tidak mampu sehingga ada penundaan tingkat kabupaten kota,” ujar Manto Ginting.

Padahal kata Manto peserta perwakilan setiap sekolah sudah dipersiapkan. Dimana setiap sekolah mengutus satu orang perwakilan pada setiap bidang studi. Total pelajar yang terdaftar mengikuti KSN tingkat Kabupaten Mimika sebanyak 30 orang.

“Kami sudah bagi link, akun dan password tapi ada kendala,” katanya.

Sebenarnya ditambahkan Manto, jika pelaksanaan KSN atau sebelumnya disebut Olimpiade Sains Nasional (OSN) masih dilakukan secara manual tingkat keikutsertaan setiap sekolah sangat tinggi. Tapi karena kali ini daring maka berkurang.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *