oleh

Merasa Tertipu, Satu Anggota KKSB Ikrar Setia ke NKRI

Seorang anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) bernama Tenius Tebuni, menyerahkan diri dan berjanji untuk tidak lagi terlibat dalam aksi bersenjatadengan KKSB, serta berikrar setia untuk kembali ke pangkuan NKRI. Prosesi ini dilakukan di Kampung Mbua Tengah, Distrik Mbua, Kabupaten Nduga pada Sabtu (26/9).

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Czi I Gusti Ngurah Suriastawa dalam rilis yang diterima Radar Timika, Kamis (1/10) kemarin memastikan, niat Tenius Tebuni untuk keluar dari keanggotaan KKSB disampaikan kepada tokoh agama dan masyarakat yang ada di Kampung Mbua. Sementara, Satgas Yonif R 323/BP memfasilitasi hal tersebut.

“Tenius Tebuni mengucapkan ikrar setia untuk kembali ke pangkuan NKRI dan menandatangani surat pernyataan keluar dari kelompok KKSB,” tulis Kolonel Suriastawa.

Dalam kesempatan itu, Tenius Tebuni dikatakannya beralasan sebelumnya bergabung dengan KKSB karena dijanjikan kebutuhan hidupnya akan dipenuhi dan diberikan uang. Namun Tenius Tebuni merasa sadar bahwa dirinya telah ditipu karena selama menjadi anggota Kelompok KKSB dalam Kelompok Militan Rambo Lokbere, dirinya sering kelaparan di dalam hutan karena kekurangan logistik. Ditambah, ia menilai pula KKSB tidak kompak dan selalu terpecah dan bergerak secara masing-masing.

Katanya, Tenius Tebuni juga merasa bahwa yang dilakukan KKSB selama ini bertentangan dengan hati nuraninya karena KKSB kerap kali memeras dan mengancam masyarakat. Termasuk menyakiti bahkan membunuh masyarakat yang tidak mau membantu mereka.

“Tenius Tebuni pernah terlibat dalam penghadangan dan kontak tembak di wilayah Habema sekitar Tahun 2017. Ia sekarang ini berkeinginan hidup normal kembali seperti masyarakat umum lainnya,” ungkap Kolonel I Gusti.

“Selamat datang di rumah, saudaraku. Kami takkan meninggalkanmu sendirian,” tutup Kolonel Suriastawa. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *