oleh

FORMI Berubah Nama Jadi KORMI

TIMIKA-Organisasi yang menaungi olahraga rekresasi masyarakat kini berubah nama menjadi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI). Sebelumnya adalah Federasi Olahraga Rekresasi Masyarakat Indonesia (FORMI).

Perubahan nama organisasi itu sudah disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri yang ditujukan kepada Pemda Mimika. Sehingga menurut Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM organisasi yang berkedudukan di kabupaten juga otomatis berubah dari FORMI menjadi KORMI.

Wabup berharap perubahan nama organisasi ini bisa menjadi momen untuk menghidupkan kembali KORMI yang vakum beberapa tahun terakhir. Hal ini ditegaskan Wabup ketika ditemui oleh beberapa pengurus KORMI di rumah jabatan Wabup, Jumat (2/10) kemarin.

KORMI yang sebelumnya adalah FORMI kata Wabup, sudah dibentuk di Mimika dari Tahun 2014. Tapi beberapa tahun terakhir vakum. Salah satu penyebabnya adalah persoalan kepengurusan yang mengalami dualisme. Sehingga disarankan untuk melakukan evaluasi organisasi terutama kepengurusan. “Kita berharap, supaya organisasi ini bisa hidup dan berjalan dengan baik di Kabupaten Mimika,” katanya.

Dengan adanya perubahan nama, maka menurut Wabup KORMI kini disejajarkan dengan KONI yang membawahi olahraga prestasi. Pemda Mimika sendiri menyatakan dukungan dan siap memfasilitasi program KORMI demi kemajuan olahraga di Mimika.

Di Mimika lanjutnya, ada banyak olahraga yang masuk kategori olahraga rekreasi yang harus diakomodir oleh KORMI. Wabup meminta setelah dilakukan pendataan, KORMI membuat organisasi setiap cabang olahraga. Seperti aerobic, zumba, tari-tarian, sepeda santai dan lainnya.

“Saya sudah beri beberapa saran pendapat terkait organisasi. Paling utama, KORMI belum dikenal seluruh masyarakat karena KORMI kurang merangkul seluruh cabang olahraga yang selama ini sudah muncul di Mimika. Saya sarankan itu dilakukan mendata, menginventarisir. Kita harus akui bahwa olahraga masyarakat ini lebih banyak diminati masyarakat dibanding olahraga prestasi di bawah KONI,” tuturnya. (sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *