oleh

Legislatif Apresiasi Disperindag Soal Penataan Pasar Sentral

TIMIKA-Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Pata’dan mengapresiasi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Mimika dalam penataan Pasar Sentral. Dengan dipusatkannya perdagangan di Pasar Sentral, maka membuat kegiatan perekonomian lebih terkendali.

Untuk upaya yang telah dilaksanakan oleh pihak Disperindag inilah, Komisi B DPRD Mimika yang membidangi bidang perkonomian di Mimika memberi apresiasi atas upaya keras tersebut.

Kepada Radar Timika melalui sambungan telepon, Sabtu (3/10), Rizal Pata’dan mengungkapkan jika Disperindag Kabupaten Mimika dibawah Kepala Dinas Michael Gomar telah berhasil menertibkan para pedagang untuk berjualan di Pasar Sentral, Jalan Hasanuddin.

Diungkapkan Rizal, para pedagang di eks Pasar Swadaya dan lokasi lainnya telah bersih karena direlokasi untuk berjualan di dalam Pasar Sentral. Hal ini membuat penataan kota Timika semakin baik, karena lokasi pedagang di pasar bayangan sangat sulit dikontrol dan lagi membawa dampak keruwetan lalulintas serta merusak keindahan dan kebersihan Kota.

“Tentunya kami memberikan apresiasi kepada Disperindag dibawah pimpinan pak kadis Michael Gomar yang telah berhasil menata Pasar Sentral ini, sehingga perekonomian bisa lebih terkontrol dan terpusat,” jelasnya.

Rizal mengatakan, selanjutnya dengan melihat kinerja dari Disperindag ini,  setelah agenda Dewan di Jayapura, Komisi B akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Disperindag guna kordinasi lebih jauh dalam hal penanganan perbaikan perekonomian di daerah ini.

Legislator asal Partai Golkar itu menambahkan, Disperindag juga perlu untuk selalu jeli melihat praktek tersembunyi pungutan liar, baik retribusi pasar maupun jual-beli dan sewa lapak dagangan.

Selain itu kebersihan pasar sentral perlu menjadi perhatian serius agar sampah dapat dikelola dengan baik dan tidak menjadi sumber penyakit.

Rizal berharap, dengan penataan pasar serta penarikan retribusi masuk pasar dapat membawa konstribusi bagi peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) Mimika.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *