oleh

Bukan Tiga, Mimika Dimekarkan Jadi Empat

TIMIKA-Pemekaran Kabupaten Mimika sudah lama diwacanakan. Tapi hingga saat ini belum juga terealisasi. Dulu, Mimika akan dimekarkan menjadi tiga wilayah, yakni kabupaten induk sendiri, Kabupaten Mimika Barat dan Kabupaten Mimika Timur.

Kini, bukan hanya dimekarkan jadi tiga wilayah. Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika malah sedang menyusun persiapan pemekaran menjadi empat wilayah. Diantaranya Kabupaten Mimika sebagai kabupaten induk, Kotamadya Mimika, Kabupaten Mimika Timur yang berbasis di Agimuga dan Mimika Barat di Kokonao.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Mimika, Hengky Amisim ketika ditemui di kantornya, Senin (5/10) kemarin mengatakan, proses persiapan mulai dilakukan salah satunya memilah distrik yang akan menjadi bagian dari setiap wilayah.

Namun kata dia, itu juga masih tetap menunggu adanya pemekaran distrik yang masih dalam proses. Sehingga pemetaan wilayah akan dilakukan tahun depan setelah penetapan pemekaran distrik. “Tahun depan baru kami pilah. Kabupaten induk sendiri, kotamadya, Mimika Timur dan Mimika Barat,” ujarnya.

Untuk pemekaran distrik sendiri menurut Hengky, sebagian besar dokumen sudah siap tinggal dilengkapi beberapa yang masih kurang. Namun target Pemda Mimika, tahun depan pemekaran distrik bisa diselesaikan.

Menunjang proses pemekaran wilayah di Kabupaten Mimika, Pemda juga terus mempercepat penyelesaian persoalan tapal batas. Masih ada empat titik yang disebut belum selesai atau belum ada kesepakatan dengan kabupaten yang bersinggungan. Tapi beberapa titik sudah ada kesepakatan. (sun)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *