oleh

Pemekaran 12 Distrik Ditunda Tahun Depan

TIMIKA-Target Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika untuk menuntaskan pemekaran distrik pada tahun ini belum bisa terwujud. Salah satu penyebabnya adalah pandemic Covid-19. Pasalnya program pada Bagian Tata Pemerintahan untuk proses pemekaran mengalami refokusing.

Harusnya menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Mimika, Hengky Amisim, proses pemekaran distrik dan kelurahan diselesaikan tahun ini. Tapi karena refokusing maka ditunda. “Mudah-mudahan Tahun 2021,” kata Hengky ketika ditemui di kantornya, Senin (5/10) kemarin.

Namun untuk kesiapan, Bagian Tatapem tetap bekerja melengkapi persyaratan. Salah satunya pengumpulan data dan informasi. Sehingga tahun depan dengan bekerjasama pihak ketiga bisa masuk pada pemetaan batas wilayah kelurahan dan kampung.

Salah satu kendala diungkapkan Hengky adalah tidak adanya kejelasan batas wilayah baik antar kelurahan maupun kampung. Antar distrik juga demikian. Sehingga ini menjadi fokus untuk penyelesaian sekaligus pemetaan wilayah pemekaran. “Setelah pemataan dulu baru lihat, kalau yang baru prosesnya sudah jalan tinggal tahun depan kita selesaikan dan dorong ke DPRD,” tuturnya.

Hengky menyebut ada 12 distrik persiapan yang sudah siap. Termasuk Distrik Bintang Lima sebagai pemekaran dari Distrik Kuala Kencana, dimana tahun ini kantornya mulai dipersiapkan. Distrik Tembagapura yang akan dimekarkan jadi tiga distrik yakni Tembagapura (induk), Aroanop dan Tsinga. Dokumennya pun sudah siap dan tinggal melengkapi kekurangan.

“Kita butuh informasi, peta wilayah, batas wilayah. Itu lengkap dulu baru kami dorong ke DPRD untuk ditetapkan dan nomor register dari Kemendagri,” kata Hengky.

Sementara untuk pemekaran kelurahan sendiri dikatakan Hengky, tunggu setelah pemekaran distrik. Pada Tahun 2019 lalu Pemda Mimika sudah menyusun perencanaan pemekaran distrik. Ada 14 distrik baru yang dibentuk dan 20 kelurahan baru. (sun)

Rencana Distrik Baru

  1. Distrik Koperapoka
  2. Distrik Timika Jaya
  3. Distrik Bintang Lima
  4. Distrik Kiyura
  5. Distrik Mimika Gunung
  6. Distrik Arwanop
  7. Distrik Tsinga
  8. Distrik Kamoro Jaya
  9. Distrik Mandiri Jaya
  10. Distrik Poumako
  11. Distrik Limau Asri
  12. Distrik Mulia Kencana
  13. Distrik Otakwa
  14. Distrik Ipaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *