oleh

Warga Pesisir dan Pedalaman Lebih Sadar Sensus Dibandingkan di Kota

TIMIKA – Kegiatan Sensus Penduduk yang kini sedang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), mengalami kendala untuk pendataan di seputaran wilayah Kota Timika. Untuk Distrik Mimika Baru, Kuala Kencana, Mimika Timur masih akan dilakukan pembenahan untuk pendataan sensus penduduk ini.

Hal itu diungkapkan Kepala BPS Mimika, Trisno L Tamanampo, Selasa (6/10). Menurutnya, sejumlah kendala yang seringkali dialami oleh para petugas pencatat sensus penduduk, yakni adanya penolakan dari masyarakat.

Hal ini sebutnya, karena masih kurangnya pemahaman masyarakat bahwa tujuan dari sensus seperti apa. Padahal, kata Trisno, sensus penduduk yang merupakan kegiatan rutin setiap 10 tahun sekali.
Penolakan masyarakat yang biasa terjadi dikarenakan adanya isu yang mengkaitkan sensus penduduk dengan isu global, yakni dengan Otsus Jilid dua. Namun, hal ini sebenarnya sama sekali tidak berkaitan, karena kegiatan sensus penduduk adalah agenda rutin yang dilaksanakan 10 tahun sekali.

Lanjut Trisno, adanya kendala di lapangan yang ditemui oleh pencatat sensus penduduk juga karena adanya masyarakat yang menuding data ini tidak berguna, seperti untuk pembagian BLT. Dengan banyak nama masyarakat yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah, padahal sudah pernah didata inilah yang kerap membuat masyarakat enggan untuk dimintai data dalam sensus penduduk.

“Masih ada masyarakat yang belum mengetahui mengenai dana sensus penduduk ini. Kita harus benahi sekarang ini, apalagi untuk sinergi dengan Disdukcapil dan Dinas Sosial,” jelasnya.

Dalam pembenahan ini lanjutnya, BPS siap untuk perbaikan data masyarakat di Kabupaten Mimika.
Jika di wilayah seputar Kota Timika, masalah pendataan sensus penduduk masih mengalami kendala, berbeda dengan pendataan sensus penduduk di wilayah distrik pesisir dan pegunungan malah tidak menemui kendala, karena masyarakat menerima dengan baik para petugas sensus.

“Yang menggembirakan di daerah pesisir dan pegunungan kita tidak ada hambatan, diterima dengan baik, sudah 100 persen,” imbuhnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *