oleh

ADM Kado HUT Mimika ke-24

TIMIKA – Masyarakat mendapat kado spesial di Hari Ulang Tahun Kabupaten Mimika ke-24 yang jatuh pada Kamis (8/10). Kado itu berupa adanya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Mesin layaknya ATM untuk penarikan uang secara tunai itu, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk secara mandiri mencetak e-KTP, kartu keluarga, kartu identitas anak, akte kelahiran dan akte kematian.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM melakukan uji coba dengan mencetak kartu keluarga sebagai tanda peluncuran. “Ini satu-satunya di Indonesia timur. Ini persembahan untuk HUT Kabupaten Mimika kepada masyarakat dalam pelayanan,” ujar Wabup Rettob saat launching ADM di Lobi Kantor Pusat Pemerintahan, Kamis (8/10).

Wabup secara khusus memberikan apresiasi kepada Kepala Disdukcapil, Slamet Sutejo bersama jajarannya yang tak pernah berhenti menghadirkan inovasi dalam melayani masyarakat. Ini kata Wabup menghilangkan stigma selama ini yaitu pelayanan yang rumit, lama dan bahkan kerap ada pungli.

Sekarang mengurus administrasi kependudukan sangat cepat dengan adanya layanan Lala Pu Kaka dimana anak baru lahir langsung dapat akte kelahiran. Orlando yaitu layanan berbasis online melalui WhatsApp. Si Lincah, setelah urus dokumen bisa diantarkan sampai di rumah atau di kantor lurah maupun distrik. Ada juga layanan Jempol, layanan jemput bola yang dilakukan sampai pedalaman.

Wabup Rettob berharap, OPD lain bisa melakukan inovasi dan kreasi, berpikir bagaimana memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat dengan berbasis digital. Ini dalam rangka mewujudkan Mimika Smart City.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh melalui video singkat memberikan apresiasi kepada Pemda Mimika yang terus melakukan terobosan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya ADM.

“Apa yang dilakukan di Kabupaten Mimika bisa dicontoh oleh kabupaten/kota lain khususnya di wilayah Papua. Semoga ini bentuk pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” terangnya.

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutejo mengatakan pihaknya terus berusaha keras memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sesuai visi, memberikan pelayanan yang membahagiakan warga. Bukan lagi kepuasan tapi membuat masyarakat semakin bahagia dengan layanan yang diberikan.

Slamet menjelaskan, alur pelayanan dengan ADM. Masyarakat registrasi ke Dukcapil melalui layanan Orlando untuk request ke pusat. Selanjutnya warga akan mendapatkan PIN lewat SMS dan QR code ke email. Setelah itu masyarakat bisa mendatangani ADM untuk cetak kapan saja. “Itu hanya bisa untuk sekali cetak dan bersifat rahasia karena itu data penduduk,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *