oleh

BNN se-Papua Rapatkan Penguatan Rehabilitasi Pecandu Narkoba

TIMIKA – Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua, bersama BNN Kabupaten se Papua melaksanakan rapat kerja Penguatan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat dan Pasca Rehabilitasi. Kegiatan yang dilaksanakan secara Virtual di Jayapura tersebut, bertujuan untuk menemukan dan mengenali pengguna narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/10) menjelaskan, selain bertujuan untuk mendeteksi secara dini terhadap pengguna narkoba, rapat tersebut juga menekankan mengenai bagaimana menjalani kegiatan pasca rehabilitasi.

“Yang menjadi penekanan dalam rapat tersebut adalah bagaimana usai menjalani pasca rehabilitasi, yaitu setelah melakukan rehabilitasi baik rehabilitasi rawat jalan ataupun rawat inap. Artinya, setelah mereka yang kecanduan narkotika itu sembuh, harus dilakukan pengecekan dan pengawasan terus,” ujarnya.

Menurutnya, untuk melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pecandu, usai pasca rehabilitasi itu harus melibatkan masyarakat. Harapannya, ke depan akan ada sinergitas antara BNN dengan masyarakat dalam hal memerangi narkoba. Rapat di Jayapura tersebut, dipastikan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama serta tokoh pemuda.

Di sisi lain, BNN Kabupaten Mimika masih merehabilitasi satu orang pecandu narkoba. Di mana sebelumnya, pihaknya menangani sampai sepuluh orang.

“Yang lainnya sudah pulang. Tapi kita tetap melakukan pemantauan artinya mengontrol dengan bekerjasama dengan pihak orangtua,” tutup Kompol Mursaling. (dcx)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *