oleh

Pembukaan Pembahasan 2 Raperda Non APBD 2020

TIMIKA – Bupati Eltinus Omaleng menyerahkan materi 2 Raperda Non APBD 2020 kepada Ketua DPRD Robby Kamaniel Omaleng, dalam Pembukaan tentang Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Non APBD Kabupaten Mimika Tahun 2020, Jumat (9/10) di ruang rapat Paripurna.

Dua Raperda yakni Raperda Penyertaan modal Pemda Mimika kepada  PT Papua Investasi Mandiri, dan Raperda Penyertaan modal Pemda Mimika kepada PT Mimika Abadi Sejahtera, selanjutnya akan dibahas oleh legislatif sebelum nantinya disahkan.

Ketua DPRD Robby Kamaniel Omaleng dalam arahannya mengatakan, jika 2 Raperda ini ada untuk peningkatan ekonomi melalui PAD yang dapat dilaksanakan melalui investasi daerah. Ini bisa terlaksana dengan didasari 5 prinsip, yakni legalitas, prinsip keamanan, prinsip likuiditas, prinsip kesesuaian.

Robby mengharapkan pelaksanaan investasi daerah ini bisa meningkatkan PAD, peningkatan perekonomian dan penyerapan tenaga kerja. Harus dapat dirasakan dampak dan manfaatnya bagi masyarakat, yakni ketermanfaatan ekonomi. Dengan adanya pembentukan Perusda dan penyertaan modal bagi daerah ini dan untuk mensejahterakan masyarakat, dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Sementara itu, Bupati Eltinus Omaleng mengatakan Pemda Kabupaten Mimika telah berinvestasi untuk PT Papua Disvestasi Mandiri, untuk itulah dibuat Perda penyertaan modal.  Adapun modal yang disertakan sebesar Rp 2, 1 miliar yang terbagi ke dalam dua tahap yakni tahap pertama di tahun 2020 sebesar Rp 1,4 miliar dan Rp 700 juta tahun 2021.

Sementara untuk Raperda Penyertaan modal Pemda Mimika kepada PT Mimika Abadi Sejahtera sebesar Rp 10 miliar yang dialokasikan selama  3 tahun. Untuk tahun 2020 sebesar Rp 2,5 miliar, tahun 2021 sebesar Rp 4 miliar dan tahun 2022 sebesar 3,5 miliar.

Bupati Omaleng mengatakan tujuan dari dibentuknya Raperda ini adalah untuk meningkatkan perekonomian daerah, meningkatkan pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. (ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *