oleh

PNS Nonjob Belum Kembalikan Mobil Dinas

TIMIKA – Rolling pejabat beberapa bulan lalu yang dilakukan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE MH membuat beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinonjobkan dari jabatannya. Tidak hanya dinonjobkan, Bupati bahkan memerintahkan agar aset berupa kendaraan dinas dikembalikan.

Namun hingga saat ini menurut Sekretaris Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Lukas Luli Lasan yang ditemui di Gedung DPRD Mimika, Kamis (15/10) kemarin, bahwa belum ada satupun yang secara sadar mengembalikan.

Sesuai ketentuan kata Lukas, jika ada pergantian pejabat maka aset termasuk mobil dinas harus tetap tinggal di OPD, karena terdaftar sebagi aset. Hanya selama ini karena keterbatasan maka pejabat yang diganti ataupun digeser membawa serta mobil dinas.

Bupati lanjutnya, sudah mengeluarkan edaran terkait penarikan kendaraan dinas dari pejabat yang nonjob dan juga yang bergeser. Pasalnya ada pimpinan OPD yang kini tidak memiliki kendaraan operasional karena mobil dibawa oleh pejabat lama.

Penarikan mobil dinas bukan baru kali ini. Tapi sebelumnya juga sudah dilakukan. Periode sebelumnya hanya lima yang mengembalikan. “Yang baru belum ada sama sekali. Kita sudah bersurat juga tapi tidak ditindaklanjuti,” ujarnya.

Mengingat tidak adanya inisiatif dari PNS maka BPKAD bersama Satpol PP bahkan Kejaksaan Negeri Timika akan melakukan penarikan secara paksa. Pasalnya jika hanya lewat surat imbauan tidak dihiraukan.

Pemutihan aset ditambahkan Lukas bisa saja dilakukan tapi harus memenuhi syarat. Salah satunya kendaraan berusia di atas 7 tahun dan mendapat persetujuan dari kepala daerah.(sun)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *