oleh

Eksekutif Diminta Segera Tetapkan Pansel Pemilihan Sekda Defenitif

TIMIKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika diharapkan bisa segera menetapkan Panitia Seleksi (Pansel) untuk memilih Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika defenitif. Penetapan Sekda defenitif ini diharapkan bisa segera dilakukan, sebab sebagai pengarah birokrasi, peranan Sekda defenitif sangatlah penting.

Dengan ditetapkannya Sekda defenitif, maka salah satu agenda besar yang akan dilaksanakan oleh Legislatif yakni pembahasan APBD Induk Tahun 2021 dapat dilaksanakan. Harapan itu disampaikan langsung Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng dalam jumpa persnya di Hotel Horison, Minggu (25/10).

“Pihak eksekutif diharapkan dapat membentuk Timsel untuk pemilihan Sekda defenitif. Karena kami punya agenda besar untuk pembahasan APBD Induk 2021 dan itu kami butuhkan Sekda defenitif. Sehingga jika bisa Pemda dalam waktu dekat bentuk panitia dan seleksi,” jelas Robby.

Lanjut Robby, pihaknya berharap eksekutif bisa secepatnya melakukan pembentukan Pansel untuk pemilihan Sekda defenitif. Ia berharap agar dalam pemilihan Sekda defenitif ini tidak terjadi tarik ulur, namun yang paling penting dilihat adalah untuk kepentingan daerah ini.

Dengan ditetapkannya Sekda defenitif, harus dilihat untuk kepentingan daerah ini. Nantinya, sebut Robby, siapapun yang terpilih menjadi Sekda maka hal ini diperoleh dari penilaian yang kompeten dan kredilibitas. Dari pemilihan ini, maka semua pihak diharapkan dapat menerimanya dan tidak menjadikannya polemik yang berkepanjangan.

“Saya harapkan ini tidak dijadikan polemik dan tarik ulur. Tapi bagaimana untuk menyelamatkan pegawai, kebijakan daerah. Jadi nanti siapapun yang terpilih itu kita tidak harus jadikan polemik, seperti yang kemarin. Siapapun yang terpilih itu yang bisa layak jadi Sekda,” sebut Robby.

Ditambahkannya, Sekda defenitif diharapkan sudah ditetapkan sebelum pihaknya melakukan pembahasan APBD Induk Tahun 2021 yang direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan sampai akhir November 2020 mendatang.

Lanjutnya, untuk melaksanakan agenda penting inilah ia berharap agar eksekutif dapat melihat hal ini dengan bijak demi menyelamatkan kebijakan daerah. Sekda sebutnya yang adalah ketua tim anggaran diharapkan nantinya bisa mengikuti legislatif untuk pembahasan APBD Tahun 2021. Sementara, selain untuk kepentingan pembahasan APBD Induk 2021, secara birokrasi Sekda juga adalah pengayom ASN.

Penyeleksian calon Sekda defenitif ini tambahnya diharapkan tidak dilihat dari faktor kedekatan dengan pejabat. Namun diharapkan adalah sosok yang mempunyai integritas dan profesional serta berkompeten untuk menduduki jabatan ini.

“Kami berharap sekali, tidak harus berpikir ini saya punya orang, dia punya orang atau bagaimana, yang paling penting dia (calon Sekda) punya integritas, profesional, ya dipakai saja,” tutupnya.(ami)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *