oleh

Lima Kampung di Mikteng dapat Bantuan dari Kemensos

TIMIKA – Lima kampung di Distrik Mimika Tengah (Mikteng) mendapat bantuan  beras sebanyak 20 ton dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Proses penyaluran beras tersebut dilaksanakan, Minggu (25/10), dengan dikawal ketat aparat TNI dari Koramil 1710/07 Mapurujaya. Kelima Kampung tersebut yakni Kamping Atuka, Kampung Kamora, Kampung Tiwaka, Kampung Keakwa dan Kampung Aikawapuka.

Kepala Distrik Mikteng, Samuel Yogi kepada Radar Timika di Atuka, Senin (26/10), mengatakan bantuan ini langsung dari Kemensos yang ditujukan untuk masyarakat melalui program KPM PKH. Kata dia, di Mikteng sendiri jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 20 ton beras yang kemudian akan disalurkan ke setiap kampung sesuai dengan jumlah penerima KPM PKH.

Ia menuturkan, jumlah penerima manfaat di Distrik Mikteng sebanyak 426 KK yang tersebar di lima kampung yang ada.

“Jadi saat ini bantuan sudah sampai di kantor distrik semua. Dan besok (27/10) akan disalurkan ke setiap kampung. Nanti kepala kampung bersama masyarakat akan ambil di sini (kantor distrik, red),” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 1710/07 Mapurujaya, Kapten CPL Markus Helaha kepada Radar Timika di  Atuka, Senin (26/10), mengatakan proses penyaluran sudah dilakukan dengan total beras mencapai 20 ton.

“Untuk pendistribusian ke Distrik Mikteng sudah selesai hari ini, yang dikawal oleh tiga orang anggota kami dari Koramil 1710/07,” ucapnya.

Ia menuturkan, TNI AD bekerja sama dengan Kemensos untuk mengawasi pendistribusian bantuan tersebut. Dari TNI sifatnya mendampingi penyaluran. Ia menjelaskan, untuk pendistribusian ke Distrik Mikteng dilakukan selama dua kali, karena terkendala dengan pasang surut air.

“Untuk penyaluran ke Mikteng dilakukan dua kali. Yakni Minggu dan hari ini (Senin 26/10). Hal itu karena jumlahnya banyak dan daya muat tidak mencukupi untuk dibawa satu kali. Dimana hari pertama membawa 11 ton dan hari ke dua 9 ton,” ujarnya.

“Hari ini proses penyalurannya sudah dilaksanakan dan beras bantuan tersebut langsung diturunkan di Kantor Distrik Mikteng, untuk selanjutnya akan diambil oleh setiap kepala kampung untuk disalurkan kepada masyarakat,” imbuh dia.(itz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *